Prediksi Kebisingan Airframe Pesawat Terbang Dengan Aplikasi Ffowcs Williams And Hawkings Equation

Penulis

  • Aprilia Sakti Kusumalestari Fakultas Teknologi Kedirgantaraan, Unsurya, Jakarta, Indonesia
  • Harry Sudibyo Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
  • Santoso Soekirno Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia

Kata Kunci:

kebisingan airframe, Ffowcs Williams and Hawkings Equation, aeroakustik

Abstrak

Untuk mereduksi kebisingan dari airframe pesawat terbang, dilakukan pemodelan dengan prediksi pendekatan. Aplikasi Ffowcs Williams and Hawkings Equation (FWH) adalah salah satu pendekatan teoritis yang dapat dilakukan. Jika sudah ada suatu simulasi aerodinamika dari suatu bentuk dan kondisi airframe suatu peaswat, aplikasi persamaan tersebut akan mengintervensi model simulasi aerodinamika yang sudah ada. Parameter simulasi aerodinamika airframe pesawat terbang terdiri dari kerapatan fluida, kecepatan aliran, distribusi tekanan, dan turbulensi. Tulisan ini menganalisis kesesuaian data simulasi aerodinamika suatu airframe pasawat terbang, dengan persamaan FWH. Hasil analisis akan menjadi referensi dalam penggunaan persamaan FWH untuk diaplikasikan pada simulasi aerodinamika airframe pesawat terbang untuk memprediksi kebisingan. Parameter yang digunakan pada pemodelan dengan aplikasi persamaan FWH mencakup semua parameter aerodinamika, r, v, p, dan komponen turbulensi, dengan merepresentasikan radiasi kebisingan oleh sumber getaran yang menjalar dalam bentuk monopole, dipole, dan quadrupole. Dan dengan menganalogikan aplikasi persamaan serupa untuk simulasi jet noise, maka disimpulkan metode ini dapat dilakukan untuk simulasi aerodinamika airframe pesawat terbang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M.J.Lighthill, “On Sound Generated Aerodynamically: I. General Theory”, Proceeding of The Royal Society: Mathematical, Physical, and Engineering Science Volume 211 Issue 1107, 1952
diunduh dari : http://rspa.royalsocietypublishing.org/ pada 23 Januari 2018

M. J. Lighthill, “On Sound Generated Aerodynamically: Turbulence as A Source of Sound”, Proceeding of The Royal Society: Mathematical, Physical, and Engineering Science Volume 222, 1954

Russell, Daniel A., “Sound Field Generated by Simple Sources”, Pennsylvania State University, 2001

Ffowcs Williams, J.E. and Hawkings, D.L., “Sound Generation by Turbulence And Surface In Arbitrary Motion”, Philosophical Transaction of the Royal Society of London Series A, Mathematical and Physical Science, Vol.264, No. 1151, 1969

di Francescantonio, P.,”A New Boundary Integral Formulation for the Prediction of Sound Radiation”, Journal of Sound and Vibration Vol. 202, No.4, 1997

Mendez, S., Shoeby, M., Lele, S.K., Moin, P., “On the Use of the Ffowcs Williams-Hawkings Equation to Predict far-field Jet Noise from Large-Eddy Simulatioan”, International Journal of Aeroacoustic Vol.12 No.1, 2013

Guo,Yueping., “Airframe Noise Modelling and Prediction”, Computational Experiment in Aeroacoustic Workshop (not published), Russia, 2016

Diterbitkan

2021-01-18

Cara Mengutip

Kusumalestari, A. S., Sudibyo, H., & Soekirno, S. (2021). Prediksi Kebisingan Airframe Pesawat Terbang Dengan Aplikasi Ffowcs Williams And Hawkings Equation. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 35–40. Diambil dari https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/42