Perancangan Alat Pengambil Selongsong Peluru yang Ergonomis Dengan Pendekatan Antropometri di Akademi Angkatan Udara

  • Muhammad Wahyudi Usman Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Budi Santoso Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Binpiktar, Antropometri, Ergonomi

Abstract

Alat pengumpul selongsong peluru merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengumpulkan selongsong peluru ketika latihan menembak telah dilaksanakan, secara efisien dengan waktu yang singkat. Melihat proses pengumpulan selongsong peluru yang masih menggunakan cara manual tanpa bantuan alat sehingga dapat menimbulkan kelelahan karena pengambilan selongsong peluru dilakukan dengan posisi bungkuk secara berulang kali. Maka dari itu dilakukan perancangan alat pengumpul selongsong peluru guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada proses pengumpulan selongsong peluru. Pada proses perancangan alat pengumpul selongsong peluru perancang menggunakan metode antropometri dalam penyelesaian ataupun pembuatan dari alat tersebut yang dimana antropometri merupakan studi yang melakukan pengukuran terhadap tubuh manusia, dengan maksud agar pembuatan alat tersebut dapat sesuai dengan ukuran dan kondisi tubuh manusia yang akan menggunakan alat tersebut. Adapun hasil dari perancangan yang telah dibuat oleh dapat disimpulkan bahwa alat tersebut dapat membuat proses pengumpulan selongsong peluru lebih cepat serta efektif dan efisien dalam pengoprasiannya. Dengan menggunakan desain yang ergonomis para Taruna tidak lagi mengeluarkan tenaga yang besar dalam pengoprasiannya. Perancang juga menggunakan bahan yang ringan dan kuat agar alat tersebut tidak mengalami kendala keberatan pada saat pengoprasiannya dan dapat bertahan cukup lama dengan kondisi yang selalu berubah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bahra, b. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Andriani, M. (2016). Perancangan Peralatan Secara Ergonomi Untuk Meminimalkan Kelelahan Di Pabrik Kerupuk. Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

Andriani, M. (2017). Perancangan Ulang Egrek yang Ergonomis untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja Pada Saat Memanen Sawit. Jurnal Integrasi Sistem Industri.

Darmawan , D. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Rosda.

Kristanto, A. (2015). Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Perancangan Ulang Alat Perontok Padi yang Ergonomis untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Kebersihan Padi.

Merris, A. (2000). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nurmianto, E. (1996). Konsep Dasar & Aplikasinya. In Ergonomi (p. 1). Jakarta: Penerbit Guna Widya.

Nurmianto, E. (2003). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Guna Widya.

Satzinger, J. (2010). System Analysis and Design whith theunified. USA: changege earning.

Wignjosoebroto, S. (2008). Ergonomic Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Surabaya: Guna Widya.

Published
2023-12-27
How to Cite
Usman, M. W., & Santoso, B. (2023). Perancangan Alat Pengambil Selongsong Peluru yang Ergonomis Dengan Pendekatan Antropometri di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 385-398. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.278

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.