Analisis Resiko Gangguan Muskuloskeletal pada Taruna Kopel Tenor dengan Metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA) di Akademi Angkatan Udara

  • Roisul Umam Mulya Syarif Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Limawati Handayani Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Musculoskeletal, RULA

Abstract

Akademi Angkatan Udara memiliki kesatuan unit drumband yang bernama Gita Dirgantara. Macam-macam alat drumband yang digunakan dalam drumband Gita Dirgantara adalah snare, tenor, bass drum, bellyra, terompet, albert, dan tuba. Tenor adalah alat drumband yang berguna untuk mengatur tempo. Sehingga tenor memiliki peranan penting dalam permainan drumband Gita dirgantara. Akan tetapi Taruna kopel tenor memiliki beberapa keluhan setelah latihan maupun setelah tampil seperti kelelahan otot (musculoskeletal). Dari permasalahan tersebut akan dilakukan penelitian untuk menganalisis resiko gangguan kelelahan otot (musculoskeletal) pada Taruna saat bermain drumband alat tenor menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assesment). Metode ini dikembangkan untuk menyelidiki resiko kelainan yang akan dialami oleh seorang pekerja dalam melakukan aktivitas kerja yang memanfaatkan anggota tubuh bagian atas (upper limb). Perhitungan RULA, saat ini perlu dilakukan perbaikan secepatnya. Dengan nilai 6 sampai dengan 7. Kondisi 6 merupakan kondisi dimana memiliki resiko tinggi dan perlu perubahan dengan cepat. Sedangkan kondisi 7 merupakan kondisi dimana resiko yang ditimbulkan sangat tinggi sehingga perubahan harus dilakukan sesegera mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Rahmaniyah Dwi, (2007), Analisa Pengaruh Aktivitas Kerja dan Beban Angkat Terhadap Kelelahan Muskuloskeletal, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kumalapatni, Ni Wayan Sintyabudi dan Muliarta, I Made, 2020, Gambaran Keluhan Muskuloskeletal dan Analisis Postur Tubuh Pada Siswa Pengguna Komputer di SMK ā€œGā€, Denpasar, Bali, Universitas Udayana, Bali.

Lestari, Ni Luh Putu Susi Mardi, 2014, Pengaruh Stretching Terhadap Keluhan Muskuloskeletal Pada Perawatan di Ruang Ratna Medical Surgical RSUP Sanglah, Universitas Udayana, Bali.

Purnomo Hari, (2014) Pengukuran Antropometri Tangan Usia 18 Sampai 22 Tahun Kabupaten Sleman Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rahayu, Winda Agustin, (2012), Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerjan Angkat-Angkut Industri Pemecahan Batu Di Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten, Universitas Diponegoro, Semarang.

Rochman, Taufiq, Dkk, (2012), Perancangan Ulang Fasilitas Kerja Operator di Stasiun Penjilidan pada Industri Percetakan Berdasarkan Prinsip Ergonomi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sugiharto, Anthony Irawan dan Trihastuti Dian, (2013), Analisis Perbaikan Postur dan Metode kerja untuk Mengurangi Kelelahan Muskulosekeletal di PT.XYZ Surabaya, Universitas Pelita Harapan, Surabaya.

Tarwaka, PGDip.Sc.,M.Erg. (2013), Ergonomi Industri, Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja, Harapan Offset, Surakarta, Harapan Press.

Published
2023-12-27
How to Cite
Syarif, R. U. M., & Handayani, L. (2023). Analisis Resiko Gangguan Muskuloskeletal pada Taruna Kopel Tenor dengan Metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA) di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 331-340. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.273

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.