Analisis Persediaan Crude oil PT XYZ Dengan Metode Material Requirement Planning

  • Putri Aprilivi Vadiyah Teknik Industri, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Ibnu Abdul Rosid Teknik Industri, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Keywords: Persediaan, Crude oil, Material Requirement Planning, Bahan Baku

Abstract

PT XYZ merupakan strategi c holding company yang bertanggung jawab terhadap kegiatan pengolahan minyak mentah menjadi produk gasoline, gasoil, Propylene dan LPG. Bahan baku dalam pengolahannya meliputi Crude dan Naptha. Crude oil merupakan minyak mentah yang didalamnya mengandung campuran kompleks senyawa hidrokarbon yang didominasi oleh elemen Carbon (C), Hydrogen (H), serta elemen-elemen kecil Nitrogen (N), Sulfur (S), Natrium (Na). Berdasarkan nilai residunya crude oil dibedakan menjadi 2 jenis yaitu super heavy dengan nilai residu 65% dan Heavy 35%. Minimum kapasitas volume crude dalam tanki yang harus di terima perharinya yaitu sebesar 800 MB. Akan tetapi pada proses produksi dibulan April 2023 kapasitas volume crude dalam tanki mengalami penurunan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah persediaan dalam tanki pada bulan April serta mengidentifikasi penyebab terjadinya penurunan volume crude. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Material Requirement Planning (MRP) dengan mengimplementasikan fishbone untuk menganalisis sebab akibat dari permasalahan. Metode MRP memuat informasi mengenai perhitungan safety stock dan nilai project on-hand harian. Dalam melakukan penelitian ditemukan adanya nilai project on- hand ditanggal 28 dengan jenis minyak heavy bernilai negatif, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap besarnya kapasitas kumulatif crude yang diterima pada tanggal 27 sebesar 678,5 MB dan 28 sebesar 528,5 MB. Turunnya kapasitas volume crude tersebut peneliti melakukan perbaikan terhadap jadwal pemesanan dan penerimaan crude oil dengan lotsize 350 MB dan leadtime 3 hari maka kumulatif kapasitas crude dibulan April berada di posisi aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barchelino, R., Ekonomi, F., Bisnis, D., Akuntansi, J., Sam, U., & Manado, R. (2016). The Analysis Of Psak No.14 Application Toward Inventory Recording And Valuation Method At PT. SURYA WENANG INDAH MANADO. Analisis Penerapan PSA Jurnal EMBA, 837(1), 837–846.

Budiartami, N. K., & Wijaya, I. W. K. (2019). Analisis Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pada CV. Cok Konveksi di Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 5(2), 161–166. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v5i2.340

Daroini, M. A., & Himawan, A. F. I. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Songkok ZNR dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP).

Ferdian, I. L. (2018). Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Metode MRP ( Material Requirement Planning ) untuk Meminimumkan Biaya Persediaan pada KSB Interiors & Furnishings Cimahi. Prosiding Manajemen, 682–685.

Nuffus, N. Z. n.d. (2020) Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kain Dengan Sistem Q (Continuous Review System) Dan Sistem P (Periodic Review System).

Pradiko, H. (2018). Analisa Pemilihan Metode MRP Untuk Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT . X Diajukan guna melengkapi sebagian syarat dalam mencapai gelar Sarjana Strata Satu ( S1 ) Nama NIM Disusun Oleh : : Heru Pradiko.

Tanisri, R. H. A., & Rye, E. (2022). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Roda Caster Menggunakan Metode Mrp (Material Requirement Planning) Di Cv Karya Teknik Makmur. Jurnal Inkofar, 6(1), 52–60. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v6i1.216

Zahra, Z. S., & Fahma, F. (2020). Implementasi Metode MRP untuk Pengendalian Bahan Baku Produk ABC Pada PT XYZ. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, ISSN 2579-6429, B07.1-B07.11.

Published
2023-12-27
How to Cite
Vadiyah, P. A., & Rosid, I. A. (2023). Analisis Persediaan Crude oil PT XYZ Dengan Metode Material Requirement Planning. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 293-302. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.269

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.