Perancangan Alat Monitor dan Kontrol Lampu Jalan di Akademi Angkatan Udara Berbasis Internet of Things

  • Johan Andriano Apituley Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Ishar Novi Andrian Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Akademi Angkatan Udara, kontrol, monitor, lampu jalan, Internet of Things, keamanan

Abstract

Olah raga yang sering dilakukan oleh Taruna Akademi Angkatan Udara adalah berlari. Kegiatan lari secara rutin dilakukan pada pagi, siang maupun malam hari di jalan raya AAU. Karena jalan raya digunakan juga pada malam hari maka dibutuhkan penerangan untuk menjamin keamanan Taruna yang berlari. Lampu jalan yang baik penting dalam menjamin keamanan Taruna. Namun, pengoperasian yang tidak optimal terhadap kondisi lampu jalan seringkali menyebabkan penurunan keamanan di jalan raya. Untuk mengatasi masalah ini penulis melakukan perancangan alat monitor dan kontrol lampu jalan di AAU. Penulis memanfaatkan teknologi Internet of Things untuk menghubungkan lampu jalan secara nirkabel dengan smartphone. Smartphone akan dilengkapi dengan aplikasi yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol lampu jalan dari jarak jauh. Melalui aplikasi ini, pengguna akan dapat mengontrol hidup tidaknya lampu. Pada alat ini juga dilengkapi dengan sensor untuk mengukur arus yang bekerja pada lampu agar alat dapat mendeteksi kerusakan lampu secara otomatis yang akan ditampilkan pada aplikasi di smartphone agar segera dilaksanakan perbaikan. Akses terhadap aplikasi yang dapat mengontrol dan memonitor lampu ini akan diberikan kepada petugas detasemen markas AAU. Sehingga apabila ada lampu yang rusak akan segera terdeteksi dan diperbaiki oleh petugas detasemen markas. Pembuatan alat yang canggih ini membuktikan bahwa TNI AU sedang mengembangkan teknologinya dengan pesat guna mendukung kesiapan perang generasi keenam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafat (2016). Sistem pengamanan pintu rumah berbasis internet of things (IoT) dengan ESP8266. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Technologia”, Vol 7, 4

Aryani, D. (2018). Perancangan Smart Door Lock Menggunakan Voice Recognition Berbasis Rasberry Pi 3. Cerita, Volume 4, 180 - 189.

Bishop (2010). Elektronika Dasar. Jakarta : Erlangga

Budiharto, Widodo. (2006). Belajar Sendiri: Membuat Robot Cerdas. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Dewi, N.H.L. (2019). Prototype Home Dengan Modul NodeMCU ESP8266 Berbasis Internet Of Things.

Farizki, A. R. (2016). Aplikasi Pembelajaran Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Android. Jurnal Infra, 1.

Ma’mur, M. (2018). Sistem Kendali Lampu Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Cendikia, Volume 16, 140-145.

Nasution, A.H.M. (2019). Pengontrolan Lampu Jarak Jauh Dengan Node MCU Menggunakan Blynk. Jurnal Tekinkom, Volume 2, 93-98.

Setiawan, R. (2021). Mikroprosesor dan mikrokontroler. Yogyakarta: Departemen Elektronika AAU

Waher, P. (2015). Learning Internet of Things. Birmingham: Packt Publishing.

Winoto, A. (2008). Mikrokontroler AVR Atmega8/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung : Informatika.

Published
2023-12-27
How to Cite
Apituley, J. A., & Andrian, I. N. (2023). Perancangan Alat Monitor dan Kontrol Lampu Jalan di Akademi Angkatan Udara Berbasis Internet of Things. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 109-118. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.249

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.