Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Tour De Campus Guna Meningkatkan Minat Masyarakat Dengan Metode Servqual Di Akademi Angkatan Udara

  • Deva Aurinda Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Eko Septiawan Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Tour de Campus, kepuasan pengunjung, SERVQUAL

Abstract

Tour de Campus merupakan program yang diselenggarakan setiap hari Minggu pukul 06.00 sampai dengan pukul 08.00. Kegiatan ini berupa kirab drumband,olahraga bersama taruna AAU, dan penampilan band taruna AAU. Tour de Campus dibuat dengan tujuan mengenalkan tentang Akademi Angkatan Udara kepada Masyarakat luar, juga agar Masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan Taruna AAU. Untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap fasilitas dan penampilan yang ada di Program Tour de Campus, dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 20 pengunjung. Pengukuran kepuasan pengunjung dilakukan terhadap lima dimensi yaitu tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan Importance Performance Analisis (IPA), secara keseluruhan untuk tingkat kepuasan dari lima dimensi servqual memiliki kinerja yang sudah baik menurut pengunjung program Tour de Campus, serta harapan terpenuhi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang terdapat di Program Tour de Campus. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah rata-rata untuk kelima dimensi servqual 101%. Meskipun pada kenyataannya masih ada beberapa atribut yang memerlukan peningkatan dan harus tetap diprioritaskan perbaikannya, yakni terdapat pada kuadran A.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Sekolah Dasar, "Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0," 3 februari 2021, 2021.

A. Sebastian S, A. S. Junior, A. Josefanny S, N. E. Kezia and S. Hendra, "Peran Pendidikan dalam Perkembangan Era Society 5.0," Jakarta, 2021.

D. Sinaga, in Mengelola Perpustakaan Sekolah, Jakarta, Kreasi Media Utama, 2007, p. 15.

F. R. Gerson, in Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta, Penerbit PPM, 2017.

Parasuraman, Zeithmal and A. Malhotra, "E-S-QUAL A Multiple-Item Scale for Assesing Electronic Service Quality," in Journal of Service Research, 2005.

Parasuraman, Zeithmal and L. Berry, in Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectatons, The Free Press, 1990.

Alexandria and A. Curry, "Managin Service Quality," Service improvements in public services using servqual, vol. 11, no. 6, pp. 389-401, 2001.

P. Suwignjo, "Sistem Pengukuran Kinerja: Sejarah Perkembangan dan Agenda Penelitian ke," in Proceeding Seminar Nasional Performance Management, Hotel Wisata, Jakarta, 2000.

F. Tjiptono, in Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta, CV Andi Offset, 2012.

S. Muchyidin, Mihardja and I. Sasmita, in Perpustakaan, Bandung, PT Puri Pustaka, 2008, pp. 41-42.

Buxbaum, "Library Services," Jakarta, Murni Kencana, 2004, p. 12.

P. K. Kotler, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12, Jakarta: PT. Indeks, 2007.

Sidabutar and D. Lesmina Hariati, in Studi Identifikasi Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatra Utara, Universitas Medan Area, 2016.

Published
2023-12-27
How to Cite
Aurinda, D., & Septiawan, E. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Tour De Campus Guna Meningkatkan Minat Masyarakat Dengan Metode Servqual Di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 271-282. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.267

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.