Analisis Kepuasan Pengunjung Museum Karbol Guna Mengoptimalkan Pelayanan dengan Metode Kano di Akademi Angkatan Udara

  • Raihan Aditya Pratama Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Tri Asfari Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Museum Karbol, Kano, Kepuasan Pengunjung

Abstract

Museum Karbol milik Akademi Angkatan Udara berisi tentang sejarah berdirinya Akademi Angkatan Udara dan pengetahuan lain seputar Taruna Akademi Angkatan Udara. Museum karbol terletak di dalam Ksatrian Akademi Angkatan Udara juga dibuka untuk masyarakat umum pada saat kegiatan Tour de Campus. Saat ini pelayanan di Museum Karbol sudah cukup baik tetapi masih terdapat kekurangan yang ada di dalam museum ini yang disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, diperlukan sebuah analisis kepuasan pengunjung terhadap pelayanan Museum Karbol Akademi Angkatan Udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap pelayanan Museum Karbol Akademi Angkatan Udara guna meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan, menimbulkan suasana nyaman, serta menciptakan museum yang informatif bagi para pengunjungnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Metode Kano dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menggunakan perhitungan Metode Kano adalah bahwa setiap kriteria penilaian adalah mutlak ada. Kriteria yang sangat menjadi perhatian adalah tata letak museum. Kriteria ini tidak akan menambah kepuasan pelanggan jika ada tetapi apabila tidak ditemukan dapat mengakibatkan kekecewaan bagi para pengunjung museum. Sedangkan, dilihat dari nilai one dimensional tertinggi jatuh kepada sikap taruna Akademi Angkatan Udara dalam melayani dan memberikan informasi terhadap pengunjung. Kriteria ini yang berbanding lurus dengan kepuasaan pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 130, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5168.

Lovelock, Cristopher H. dan Lauren K. Wright. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset: Yogyakarta.

Kotler dan Keller, 2007.Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Djaslim, Saladin. 2003. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Stratejik. Penerbit CV. Linda Karya, Bandung.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Suhartono, Suparlan. 2000. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Ar-Ruzz.

Loina. 2001. Hubungan Masyarakat Membina Hubungan Baik Dengan Publik. Jakarta: CV Lakolo.

Atik,dan ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, Prentice Hall. New Jersey.

Sampara dan Sinambela. 2011. Pengertian Pelayanan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Komaruddin, 2001. Ensilopedia Manajemen, Edisi ke 5, Jakarta, Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Walizer, Michael H., and Paul L. Wienir, 1987, Metode dan Analisis Penelitian: Mencari Hubungan, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Sugiharto, Sitinjak, (2006), lisrel,cetakan pertama yogyakarta, penerbit Graha Ilmu.

Garibay, C., Gutierrez, H. & Figueroa, A., 2010. Evaluation of a Digital Library by Means of Quality Function Deployment (QFD) and the Kano Model. Journal of Academic Librarianship, 36(2), pp.125–132. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2010.01.002.

Published
2023-12-27
How to Cite
Pratama, R. A., & Asfari, T. (2023). Analisis Kepuasan Pengunjung Museum Karbol Guna Mengoptimalkan Pelayanan dengan Metode Kano di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 283-292. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.268

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.