Analisa Kebutuhan Pelatih Renang dengan Metode Analisa Beban Kerja di Akademi Angkatan Udara

  • Felix Diego Marshelo Lumban Tobing Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Ahmad Yani Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Beban Kerja

Abstract

Untuk menunjang pembinaan dalam pelatihan renang kepada Taruna Akademi Angkatan Udara, selain fasilitas yang baik, juga diperlukan pelatih yang sesuai untuk membuat pembinaan renang menjadi maksimal. Untuk itu perlu dilakukan penelitian terhadap kebutuhan pelatih renang melalui Analisa beban kerja, sehingga diketahui kebutuhan jumlah pelatih renang yang sesuai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Workload Analysis yaitu sesuatu metode yang memperhatikan beban kerja seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan dalam sebuah perusahaan atau lainnya. Standar beban kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perkasau/123/XII/2012 bahwa standar kemampuan rata-rata untuk gumil/gadik/dosen/instruktur dalam satu hari mengajar empat mata pelajaran dan standar kerja per tahun adalah 1248 jam. Dari penelitian ini diketahui bahwa rata-rata beban kerja instruktur renang melampaui standar kerja yang telah ditetapkan yaitu 1428.35, sehingga perlu adanya penambahan satu orang instruktur renang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirul, Hadi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Arika. (2011). Jurnal artikel Analisis Beban Kerja Ditinjau Dari Faktor Usia Dengan Pendekatan Recommended Weight Limit.

Davis and Newstrom. (1985). Human Behavior at Work; Organizational Behavior, International Edition, Singapore;Mc Graw Hill Book Company.

Departemen Pendidikan Nasional, (2005) Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Balai Pustaka, Jakarta

Dewey, John, Experience and Education : Pendidikan Berbasis Pengalaman, Terj. Haniā€™ah Bandung : Penerbit Teraju, 2004

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara

Irwandy.(2007). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Beban Kerja Perawat di Unit Rawat Inap RSJ Dadi Makassar Tahun 2005. Magister Administrasi Rumah Sakit. Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat. Makasar: Universitas Hasanuddin.

Munandar, M. (2001). Budgeting, Perencanaan Kerja Pengkoodinasian Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Pertama. Bpfe Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Salim, Peter dan Yenny Salim. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sunarso, & Kusdi. (2010). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol.4 No.1, 72-79.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri: Harapan Press. Cetakan kedua

Published
2023-12-27
How to Cite
Tobing, F. D. M. L., & Yani, A. (2023). Analisa Kebutuhan Pelatih Renang dengan Metode Analisa Beban Kerja di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 239-248. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.264

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.