Perancangan Alat Bantu Pemukul Bola Tenis Guna Meningkatkan Kemampuan Latihan Atlet Tenis Dengan Pendekatan Data Antropometri Taruna di Akademi Angkatan Udara

  • Bonifasius V. S. Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Spin, Tenis, Antropometri, Kuisioner

Abstract

Akademi Angkatan Udara (AAU) merupakan pendidikan tertinggi di TNI Angkatan Udara yang berada di Yogyakarta. Salah satu kegiatan yang dilakukan di akademi adalah Piktar. Pembinaan Piktar salah satu cabang olahraganya yakni tenis. Dalam olahraga tenis diperlukan adanya teknik dasar seperti forehand, spin, service dan smash. Latihan spin yang dilakukan saat ini kurang efektif karena masih menggunakan cara manual. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat bantu latihan smash supaya lebih efektif dan efisien. Permasalahan ini diuji dengan dua kuisioner. Kuisioner diberikan kepada 30 responden. Responden merupakan Taruna tingkat III, II dan I. Kuisioner pertama sebagai landasan untuk membentuk alat bantu latihan pukulan spin yang lebih efektif dan efisien. Alat bantu dibentuk dengan antropometri para Taruna. Setelah itu disebarkan kuisioner lanjutan untuk evaluasi. Hasil dari kuisioner pertama menunjukkan mayoritas responden setuju latihan pukulan spin dengan cara manual kurang efektif dan efisien. Berangkat dari hal itu dibentuklah alat bantu yang dapat digunakan latihan pukulan spin para Taruna. Alat bantu ini dibentuk berdasarkan data antropometri para Taruna. Setalah terbentuk dan digunakan kemudian disebarkan kuisioner lanjutan yang mana hasilnya mayoritas responden setuju dengan adanya alat bantu tersebut latihan menjadi lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, & Merri. (2017). Perancangan Ulang Egrek Yang Ergonomis Untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja Saat Memanen Sawit. Skripsi, Program Studi Teknik Industri,Universitas Samudra.

Izzhati, D. N. (2010). Pengembangan Alat Pemotong Tahu yang Ergonomis dengan Metode RULA. Tugas Akhir, Udinus, Semarang.

Kurniawati, R. D., Adi, P., & Widiasih , W. (2017). Perancangan Produk Rak untuk Loyang Roti Ergonomis di Royal Bakery Cabang Semampir. Universitas 17 Agustus 1945.

Sokhibi, A. (2017). Perancangan Kursi Ergonomis Untuk Memperbaiki Posisi Kerja pada Proses Packaging Jenang Kudus. Skripsi, Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah.

Trisardi, A., Yadi, H. Y., & Mariawati, S. A. (2016). Perancangan Tas Gendong Tentengan di Pelabuhan Penyebrangan Merak Banten Menggunakan Metode Antropometri. Skripsi, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Published
2023-12-27
How to Cite
S., B. V. (2023). Perancangan Alat Bantu Pemukul Bola Tenis Guna Meningkatkan Kemampuan Latihan Atlet Tenis Dengan Pendekatan Data Antropometri Taruna di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 315-322. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.271

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.