Analisis Komposit untuk Helm Tempur Menggunakan Metode Vacuum Assisted Resin Infusion dan Hand Lay Up

  • Raden Aditya Ramadhani Rizki Putra Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Raden Agus Subijanto Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Komposit, Serat Kevlar, Filler Alumina 5% dan Alumina10%, Metode Vacuum Bag, Uji Balistik, Helm Tempur Anti Peluru

Abstract

Komposit adalah suatu material yang terdiri dari campuran atau kombinasi dua atau lebih material baik secara mikro atau makro, dimana sifat material yang tersebut berbeda bentuk dan komposisi kimia dari zat asalnya. Material komposit banyak digunakan untuk aplikasi dalam bidang militer seperti pembuatan helm tempur. Pada penelitian ini akan dibahas tentang pembuatan helm tempur dari bahan komposit dengan serat kevlar sebagai pengganti helm tempur yang selama ini digunakan memakai bahan yang terbuat dari logam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variasi komposit Serat Kevlar bisa sebagai bahan pembuatan Helm Tempur dengan pengujian impak dan uji balistik dengan menggunakan pistol Glock 19 pada jarak tembak 25 meter sedangkan untuk pembuatan komposit menggunakan Metode Vacuum Bag. Hasil dalam pengujian ini diperoleh kekuatan impak yang terbesar pada komposit dengan variasi 60% Resin,30% Serat kevlar dan 10% AL7075-T6 menghasilkan energi impak sebesar 44 joule dan harga impak sebesar 0,281 Joule/mm2 . Sedangkan untuk hasil pengujian Balistik pada 3 variasi spesimen komposit yang terdiri dari variasi resin, Serat Kevlar, AL7075-T6 dan Filler Alumina 5% dan Alumina10% diperoleh hasil penembakan pada jarak 25 meter semua 3 spesimen benda uji dapat menahan laju peluru dan tidak tembus dengan kecepatan standard untuk pengujian balistik level II dengan menggunakan pistol Glock 19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nur Agnes Eka, Ghofur 2021, Analisis Komposisi Serat Kevlar, Karbon dan Pelepah Salak terhadap Kekuatan Impak Komposit dengan Metode Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM), Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta.

Rivaldy Armando Kamal, (senastindo 2021). penelitian tentang ’Analisis Sifat Mekanis dan Kemampuan Balistik Komposit Serat Pelepah Salak Dengan Resin Epoxy dan Silicon Carbide (SiC) Menggunakan Metode Vacuum Bag’’, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta.

Beni Putranto 2011, Perancangan Alat Uji Impak Charpy Untuk Material Komposit Berpenguat Serat Alam ( Natural Fiber ), Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sanjay K. Mazumdar, Ph.D. “Composites Manufacturing”.

https://www.detech.co.id/impact-test/.

https://kumparan.com/info-otomotif/kevlar-mengenal-bahan-yang-lebih-kuat-dari-kayu-1wTcAhsm7Mh/full.

Priambodo, I., & Chriswadyanto, A. P. (2019). Metode Manufaktur Vacuum Assisted Resin Infusion Untuk Optimasi Sifat Mekanik Komposit Penyusun Propeller Dome.

https://www.laboratuar.com/id/testler/astm-testleri/astm-polimer-ve-kompozit-cekme-testleri/

http://eprints.itn.ac.id/4690/9/Jurnal.pdf

https://www.wiki.id-id.nina.az/Helm_tempur.html

Pangestika Serli, 2015. Optimasi Komposisi Aluminium Oksida (Al2O3) untuk Aplikasi Alternatif Phantom Tulang Kortikal, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Beni Putranto 2011, Perancangan Alat Uji Impak Charpy Untuk Material Komposit Berpenguat Serat Alam ( Natural Fiber ).

Mahyaruddin Mrp, 2022. komposit yang terdiri dari termoplastik dan termoset yang dapat dijadikan sebagai material untuk diaplikasikan salah satunya untuk bidang militer seperti rompi, helm dan lain sebagainya. Salah satu contoh aplikasi dibidang militer dijadikan sebagai material untuk helm anti balistik, Universitas Pertahanan, Jakarta.

Impact Test : Pengertiaan, Metode dan Acceptance Criteria (detech.co.id)

Yulius O. Bani, Daud P. Mangesa dan Jefri S. Bale, 2017. metode vacuum bag kebanyakan digunakan untuk mencetak serat-serat buatan pabrik atau yang lebih dikenal dengan fiber glass, Universitas Nusa Cendana, Penfui-Kupang.

A. Kurniawan, K. A. Widi dkk, 2020. hasil pengujian impak material komposit serat yang bermatriks epoxy, Institut Teknologi Nasional Malang, Malang.

Published
2023-12-27
How to Cite
Putra, R. A. R. R., & Subijanto, R. A. (2023). Analisis Komposit untuk Helm Tempur Menggunakan Metode Vacuum Assisted Resin Infusion dan Hand Lay Up. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 75-82. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.245

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.