Perancangan Sistem Deteksi Pergerakan Manusia Berbasis Internet of Things (IoT) Guna Meningkatkan Kesigapan Personil

  • M. Sultan Yaasin Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Ishar Novi Andrian Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Firmansyah Firmansyah Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: sistem, pergerakan, internet of things, kesigapan

Abstract

Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat mengikuti dengan perkembangan zaman sehingga permasalahan keamanan yang timbul di masyarakat juga semakin kompleks. Banyak dari permasalahan keamanan di masyarakat yang tidak dapat diatasi dengan cara manual atau dengan kemampuan visual manusia yang mengakibatkan kurangnya kesigapan dari personel dalam melakukan pengamanan lingkungan masyarakat. Akibat dari keterbatasan kemampuan visual manusia yang menyebabkan kurangnya kesigapan dari personil keamanan maka diperlukan suatu sistem yang lebih modern yang dapat membantu manusia dalam memantau setiap pergerakan yang dilakukan oleh manusia dalam menjamin keamanan yang ada dalam masyarakat agar tidak terjadi suatu tindakan yang dilakukan baik oleh perseorangan maupun kelompok yang dapat merugikan masyarakat seperti tindak pencurian, perampokan, perusakan fasilitas, penjarahan, dan penculikan. Kesigapan personil keamanan sangat menentukan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan dalam masyarakat sehingga dirancang suatu sistem yang memanfaatkan teknologi sensor gerakan, yaitu sensor passive infrared (PIR) yang dihubungkan melalui konektivitas yang difasilitasi oleh Internet of Things untuk mendeteksi pergerakan manusia dalam lingkungan masyarakat dan ditempatkan di tempat-tempat tersembunyi di sekitar lingkungan masyarakat yang diprediksi menjadi tempat tindak kejahatan sehingga tindakan kejahatan yang dapat membahayakan keamanan di lingkungan masyarakat dapat termonitor dan dilakukan tindakan penanganan oleh personil keamanan yang ada. Informasi yang diperoleh dari sistem ini digunakan untuk meningkatkan kesigapan personil dalam berbagai konteks, seperti keamanan, manajemen fasilitas, dan pemantauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N. et al. (2021) ‘Peringatan Otomatis Pada Internet of Things Sistem Deteksi Smart Motion’, Generation Journal, 5(1), pp. 19–25.

Atikah, N., Hartati, T., Bahtiar, A., Kaslani, & Nurdiawan, O. (2022). Sistem Image Capturing Menggunakan ESP32-Cam Untuk Memonitoring Objek Melalui Telegram. KOPERTIP :Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 6(2), Article 2.

Efendi, Y. (2018) ‘Internet of Things (IoT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile’, 4(1), p. 8.

Hidayat, M. R., Christiono, C., & Sapudin, B. S. (2018). Perancangan Sistem Keamanan Rumah Berbasis Iot dengan Nodemcu Esp8266 Menggunakan Sensor Pir Hc-sr501 dan Sensor Smoke Detector. Kilat, 7(2), 139–148.

Husna, A., Hidayat, H. T., & Mursyidah, M. (2019). Penerapan IoT Pada Sistem Otomatisasi Lampu Penerangan Ruangan Dengan Sensor Gerak Dan Sensor Cahaya Menggunakan Android. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, 3(1), Article

Kho, D. (2020, April 1). Pengertian Mikrokontroler (Microcontroller) dan Strukturnya. Teknik Elektronika.

Putra, D. K., Baskoro, F., Kholis, N., & Widodo, A. (2022). Prototype Smart Fire System Menggunakan Solenoid Valve dan Kamera ESP32-CAM Berbasis IoT. Jurnal Teknik Elektro, 11(1), 8–16.

Septian, R., & Prasetiyo, S. M. (2022). Sistem Keamanan Menggunakan Kamera dan Sensor Gerak Berbasiskan Internet of Things (IoT). Oktal : Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(09), Article 09.

Syahputra, H., Zulfa, I., & Qusyairi, I. (2021). Analisis Kinerja Sistem Kamera Pemantau Menggunakan Sensor Gerak dan Bot Telegram Berbasis IoT (Internet of Things): Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(1), 152–161

Published
2023-12-27
How to Cite
Yaasin, M. S., Andrian, I. N., & Firmansyah, F. (2023). Perancangan Sistem Deteksi Pergerakan Manusia Berbasis Internet of Things (IoT) Guna Meningkatkan Kesigapan Personil. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 101-108. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.248

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.