Prototipe Alat Pendeteksi Kenaikan Level Air Guna Mengantisipasi Akibat dari Bencana Banjir di Satuan-Satuan TNI Angkatan Udara

  • Bernhard Joshua Putra Sumakud Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • M. Fahrurozi Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Firmansyah Firmansyah Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Satuan-satuan TNI Angkatan Udara, Banjir, Perang generasi ke-6, Sensor Ultrasonik

Abstract

Adanya satuan-satuan TNI Angkatan Udara seperti Satuan Radar, dan Lanud yang tempatnya berada di pinggir Pantai, memungkinkan satuan-satuan tersebut untuk terkena akibat dari pasang surut air laut sehingga menyebabkan banjir maka diperlukan suatu alat untuk mengantisipasi akibat dari banjir tersebut. Dengan menggunakan suatu alat yang bisa membantu mengantisipasi akibat dari banjir maka lingkungan dapat tetap terjaga kenyamanannya sehingga membuat anggota dapat bekerja lebih efektif dan efisien untuk mempersiapkan perang generasi ke-6. Untuk itu penulis merancang sebuah prototipe alat yang bisa mendeteksi kenaikan level air. Dalam merancang prototipe alat yang dapat mendeteksi kenaikan level air sehingga para anggota dapat mengantisipasi kenaikan level air tersebut. Dengan menggunakan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi dan Arduino Uno sebagai pusat kendali dari seluruh perangkat. Hasil pengujian alat pendeteksi kenaikan level air dengan sensor ultrasonik berbasis Arduino Uno mampu bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya dan sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu mampu mendeteksi kenaikan air dengan tepat dan akurat. Dan alat juga mampu bekerja dalam kondisi terkena air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsada, B., & Suprianto, B. (2017). Aplikasi sensor ultrasonik untuk deteksi posisi jarak pada ruang menggunakan arduino uno. Jurnal Teknik Elektro, 6(2), 1-8.

Utama, CN. (2019). Perancangan Alat Monitoring Pemantau Arah dan Kecepatan Angin Berbasis Arduino Uno Dan Webserver Di Lanud Adisucipto. Departemen Elektronika AAU.

Kurniawan, DH., Mujiman, M., & Handajadi, W. (2017). Analisis Penambahan Transformator Daya Baru (60 Mva) Untuk Menambah Suplai Daya Area Distribusi Pada Gardu Induk Kentungan 150 KV. Jurnal Elektrikal, 4(1), 65-73.

Darmana, T., & Koerniawan, T. (2017). Perancangan Rangkaian Penguat Daya dengan Transistor. Jurnal Sutet Vol, 7(2).

Permana, A., & Triyanto, D., & Rismawan, T. (2013). Rancang Bangun Sistem Monitoring Volume Dan Pengisian Air Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Avr Atmega8. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 3(2).

Rahmat, SI. (2019). Sistem peringatan dini banjir menggunakan sensor ultrasonik berbasis Arduino Uno. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).

Published
2023-12-27
How to Cite
Sumakud, B. J. P., Fahrurozi, M., & Firmansyah, F. (2023). Prototipe Alat Pendeteksi Kenaikan Level Air Guna Mengantisipasi Akibat dari Bencana Banjir di Satuan-Satuan TNI Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 159-166. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.255

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.