Perancangan Decoder 2 to 4 Menggunakan Metode Boolean dan K Map untuk Menunjang Praktikum Elektronika di Laboratorium Digital

  • Sukmawati Puspitasari Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • M. Fatih Amin Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Aljabar Boolean, Karnaugh Map, Decoder 2 to 4

Abstract

Decoder adalah alat yang membalikkan proses pengkodean sehingga data asli dapat dikenali. Decoder juga dapat diartikan sebagai sekumpulan logika yang berguna untuk menerima masukan biner kemudian mengaktifkan salah satu keluaran berdasarkan besar kecilnya nilai biner tersebut. Output dari decoder paling banyak 2n. Decoder 2 to 4 adalah decoder input 2 output 4. Input biner A dan B menentukan jalur output D0, D1, D2 dan D3. Decoder 2 to 4 merupakan suatu alat praktikum teknik digital berfungsi sebagai sarana yang mendukung proses pembelajaran dan Teknik digital di Laboratorium Digital Elektronika. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis tabel kebenaran decoder 2 to 4 adalah aljabar Boolean dan metode peta Karnaugh Map. Karnaugh map merupakan peralatan grafis yang dapat digunakan untuk menyederhanakan suatu persamaan logika atau dapat mengkonversikan sebuah tabel kebenaran menjadi sebuah rangkaian logika dan Aljabar Boolean merupakan sebuang percabangan ilmu aljabar yang mempelajari perhitungan khusus menggunakan angka 0 dan 1. Penggunaan metode ini adalah menyederhanakan tabel kebenaran untuk mendapatkan rangkaian logika sederhana yang menyusun peralatan tersebut. Hasil pengujian decoder 2 to 4 hasil perancangan dengan kombinasi IC SN 7404 dan IC SN 74HC00 diperoleh data yang sama dengan teori yang digunakan sebagai referensi perancangan decoder 2 to 4. Dengan dibuatnya alat ini dapat mendukung jalannya Pendidikan sehingga dapat mendukung kesiapan perang generasi ke-6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljabar Boolean. (2015) Dedi Nurcipto diakses di Aljabar Boole (dinus.ac.id)

Encoder dan Decoder. (2014) Vincesius Cahya Dwinanda diakses di https://www.scribd.com/doc/225250313/Makalah-Encoder-Decoder.

IC SN 7404. (2018) diakses di NOT GATE IC 7404 Datasheet Download (gustavobultaco.com)

IC SN 74HC00 diakses di SN74HC00 Price & Stock | DigiPart

Kabel Jumper di akses di Kabel Jumper Arduino: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Harga Aldyrazor.com

Not Gate IC 7404 Datasheet Download (gustavobultaco.com)

Pengertian Encoder dan Decoder. (2018) diakses di

https://www.researchgate.net/publication/337917094_Encoder_dan_Decoder.

Pengertian Aljabar Boolean dan hukumnya. (2020) diakses di

https://teknikelektronika.com/pengertian-aljabar-boolean-hukum-aljabar-boolean/.

Rizky Hafiz Maulana. (2021) Perancangan Decoder BCD To 7-Segment dengan

menggunakan metode bolean dan k map.

Truth table diakses di Tabel Kebenaran Gerbang Logika - Prinsip dan Operasinya ~ Studi Elektronika (webstudi.site)

Published
2023-12-27
How to Cite
Puspitasari, S., & Amin, M. F. (2023). Perancangan Decoder 2 to 4 Menggunakan Metode Boolean dan K Map untuk Menunjang Praktikum Elektronika di Laboratorium Digital. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 191-198. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.259

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.