Perancangan Alat Penunjuk Arah dan Pengukur Kecepatan Angin untuk Navigasi Udara di Akademi Angkatan Udara

  • Christofer Albertviandy Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Made Resia Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Windshock, Sensor Anemometer, Sensor Windvane

Abstract

Penggunaan alat seperti windshock sudah ada sejak lama dan sudah menjadi fungsi utama alat penunjuk arah dan kecepatan angin. Untuk jenis fungsinya sendiri windshock masih menggunakan sistem visual yang dimana kita masih menggunakan hapalan untuk tinggi rendahnya sarung yang ada. Telah dilakukan beberapa penelitian untuk mengembangkan windshock yaitu dengan menggunakan anemometer dan windvane yang diharapkan akan memudahkan cara membaca dan penelitian tersebut. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem penunjuk arah dan kecepatan angin dengan memanfaatkan sensor anemometer dan sensor windvane sebagai pendeteksi arah dan kecepatan angin, serta penggunaan arduino uno sebagai otak utama dalam penggunanaan alat tersebut. Pengujian tersebut ditampilkan dalam LCD 20 x 4 yang akan ditampilkan di badan alat ini. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan terhadap alat penunjuk arah dan kecepatan angin ini, maka dapat disimpulkan bahwa penunjuk arah dan kecepatan angin pada alat ini dapat mendeteksi arah dan kecepatan angin dengan cukup efektif, yang dimana sudah menampilkan hasil dari pendeteksi di dalam LCD dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sudarto. (2011). Pemanfaatan dan Pengembangan Energi Angin Untuk Proses Produksi Garam di Timur Indonesia. Jurnal TRITON.

Lucia Febrialita. (2014). unsur – Unsur Iklim dan Cuaca Mengatakan Angin Adalah Massa Udara Yang Bergerak. Unimar Amni Semarang.

Wijayanti, D. (2015). Rancang bangun alat ukur kecepatan dan arah angin berbasis arduino uno atmega 328P. Inovasi Fisika Indonesia.

Prastika, D. G. C., Permana, A. G., & Sunarya, U. (2015). Pemantau Arah Dan Kecepatan Angin Digital Dengan Transmisi Zigbee. Universitas Telkom Indonesia.

Yuniarsari, L., Istofa, I., & Sukandar, S. (2015). Sistem Deteksi Monitor Lingkungan. Jurnal Perangkat Nuklir. Jurnal Batan.

Sujarwata (2018). Belajar Mikrokontroler BS2SX Teori, Penerapan dan Contoh pemrograman PBasic. Deepublish.

Tsauqi, A. K., Hadijaya, M., Manuel, I., Hasan, V. M., Tsalsabila, A., Chandra, F., ... & Irzaman, I. (2016). Saklar Otomatis Berbasis Light Dependent Resistor (Ldr) Pada Mikrokontroler Arduino Uno. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-CIP).

Setiawan, I. (2009). Buku Ajar Sensor dan Transduser. Universitas Diponegoro Semarang.

Yusuf, M. (2010). Desain Sensor Kecepatan Angin dengan Kontrol Adaptif untuk Anemometer Tipe Thermal. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Depoinovasi. (2022). Sensor Anemometer. https://www.depoinovasi.com/

Girsang, G., Hapsar, G. I., & Suchendra, D. R. (2021). Rancang Bangun Prototipe Pengukuran Kecepatan Angin Dan Arah Angin. Universitas Telkom Indonesia.

Depoinovasi. (2022). Sensor Arah Angin. https://www.depoinovasi.com/

Rizqiawan, A. (2009). Artikel Sekilas Rotary Encoder. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Purnama, B. E. (2013). Sistem Pengendalian Keamanan Pintu Rumah Berbasis SMS (Short Message Service) Menggunakan Mikrokontroler Atmega 8535. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2(4).

Datasheet LCD 20x4. (2022). https://www.futurlec.com/

Agsa, F., Putra, H. F. T. S., & Nugraha, R. (2021). Perancangan Alat Hitung Nutrisi Makanan Berbasis Arduino Uno. Universitas Sriwijaya Palembang.

Surya, F. (2007). Artikel I2C Protokol. Bina Nusantara University.

Published
2023-12-27
How to Cite
Albertviandy, C., & Resia, M. (2023). Perancangan Alat Penunjuk Arah dan Pengukur Kecepatan Angin untuk Navigasi Udara di Akademi Angkatan Udara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 135-142. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.252

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.