Perancangan Alat Latihan Menembak Menggunakan Laser di Akademi Angkatan Udara Dalam Penerapan Perang Generasi ke-Enam

  • Fikri Agnur Padhilah Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Nanang Mahfudi S Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
Keywords: Laser, Photodioda, Arduino

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat kedepannya akan memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia. Sama halnya dalam menghadapi perang generasi ke-enam yang akan datang, diperlukan sebuah teknologi yang membantu meningkatkan skill dari para Taruna. Maka dari itu sebagai seorang calon perwira perlu mengasah kemampuan menembak yang dimiliki. Untuk meningkatkan kemampuan NABITEPI (pengaturan nafas, bidikan, dan tarikan picu) dari seorang petembak, latihan kering merupakan salah satu latihan yang diterapkan oleh Akademi Angkatan Udara. Latihan kering adalah latihan yang dilakukan dengan cara menembak menggunakan senjata tanpa peluru, namun diibaratkan senjata tersebut berisi peluru. Pada penelitian ini, Untuk mengefisienkan latihan kering, dibuatlah sebuah alat latihan menembak menggunakan laser dan layar LCD sebagai tampilan dari perkenaan tembakan. Penulis merancang sebuah alat yang berfungsi sebagai alat latihan menembak yang dapat menampilkan hasil perkenaan dari tembakan. Dalam proses berjalannya, alat ini menggunakan laser sebagai pengganti peluru yang ditembakkan dari sebuah pistol dan Photodioda yang digunakan untuk menangkap sinar laser yang ditembakkan. Photodioda diibaratkan sebagai sebuah lesan yang mana jika terkena tembakan atau cahaya dari laser maka akan membuat buzzer berbunyi dan menampilkan hasilnya di layar LCD. Hasil penelitian dari alat latihan menembak tersebut menunjukkan bahwa sensor Photodioda dapat mendeteksi cahaya yang ditembakkan oleh laser yang telah diisikan kode menggunakan modul mosfet agar tidak terbaur oleh sinar matahari langsung. Maksudnya adalah Ketika pistol ditembakkan baik itu di dalam ruangan maupun diruang terbuka atau dibawah sinar matahari terik, maka lesan atau Photodioda akan tetap dapat membaca laser yang ditembakkan dari pistol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, T., Bhawiyuga, A., & Siregar, R. A. (2019). Implementasi Perangkat Gateway Untuk Pengiriman Data Sensor Dari Lapangan Ke Pusat Data Pada Jaringan Wireless Sensor Network Berbasis Perangkat nRF24L01. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 3695-3701.

Anugerah, Bayu. (2009). Alat Bantu Latih Kering Menembak Pistol Karbol AAU Berbasis Microcontroller AT89S51. Tugas Akhir Elektronika Akademi Angkatan Udara.

Arduino, S. A. (2015). Arduino. Arduino LLC, 372.

Infantri, S. D., Priyatman, H., & Marindani, E. D. (2020). Rancang Bangun Simulator Latihan Tembak Menggunakan Laser Berbasis Arduino Nano. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, 1(1).

Kho, D. (2011). Pengertian Photodiode (Dioda Foto) dan Prinsip kerjanya.

Kobayashi, S., Mikoshiba, S., & Lim, S. (2009). LCD Backlights.

Razor, A. (2020). Datasheet Board Arduino Uno R3 Bahasa Indonesia Lengkap.

Rusman, F. S. B., Yusof, M. H. B., & Rahman, N. U. B. A. (2021). An Initial Attempt In The Analysis Of Lm358 Amplifier Ic Operations In Blood Glucose Monitoring Using Proteus. International Journal of Advanced Computer Systems and Software Engineering, 2(3), 20-24.

Samsugi, S., Mardiyansyah, Z., & Nurkholis, A. (2020). Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 1(1), 17-22.

Sasmito, W. (2018). Rancang Bangun Sistem Pelatihan Menembak dengan Sinar Laser Dimonitor Menggunakan Smartphone. Journal of Telecommunication Network (Jurnal Jaringan Telekomunikasi), 6(1), 57-61.

Wijanarko, N. E., Pradana, S., & Yadie, E. (2021). Rancang Bangun Sistem Alat Praktikum MOSFET di Laboratorium Elektronika Daya. PoliGrid, 2(2), 62-73.

Published
2023-12-27
How to Cite
Padhilah, F. A., & S, N. M. (2023). Perancangan Alat Latihan Menembak Menggunakan Laser di Akademi Angkatan Udara Dalam Penerapan Perang Generasi ke-Enam. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 175-182. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.257

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.