Analisa Pengaruh Variasi Sudut dan Luas Penampang Winglet terhadap Sayap NACA Airfoil 2412 Pada Pengujian Low Subsonic Wind Tunnel

Penulis

  • Anggito Bagus Satrio Asmoro Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Aerodinamika, Blended Winglet, Low Subsonic Wind Tunnel

Abstrak

Pesawat terbang adalah wahana udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan fluida udara untuk dapat melayang dan bergerak di atmosfer. Bentuk airfoil dari sayap pesawat adalah penyebab mengapa pesawat bisa terbang. Untuk menambah gaya lift pada sayap, dibuatlah alat untuk menambah gaya lift yang disebut High Lift Devices salah satunya yaitu Winglet, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi winglet terhadap karakteristik aerodinamika dari model sayap tapered wing airfoil NACA 2412. Metode yang digunakan adalah analisis dengan pengujian menggunakan Low Subsonic Wind Tunnel untuk memperoleh nilai absolut karakteristik aerodinamika serta aliran udara yang terjadi. Model tapered wing airfoil NACA 2412 dibuat menggunakan bahan kayu sengon. Pengujian dengan Low Subsonic Wind Tunnel dilaksanakan untuk mengetahui perubahan karakteristik aerodinamika sayap akibat penggunaan variasi winglet seperti koefisien lift dan koefisien drag. Hasil yang diperoleh dari penelitian terhadap penambahan blended winglet pada model sayap tapered wing airfoil NACA 2412 yaitu terjadinya peningkatan nilai koefisien lift maksimum dari 0,724 menjadi 0,797.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bent, RD, McKinley. 1980. Aircraft Basic Science. New York: McGraw-Hill Book Company

Farhan, Almer Ibnu. 2012. Koefisien Drag terhadap Pola Aliran Eksternal. http://almer-farhan.blogspot.com/2012/05/koefisien-drag-cd-terhadap-pola-aliran.html. 4 Oktober 2018

Fauzi, Mahmud. 2018. Analisa Aerodinamika Model Sayap dengan Penggunaan Winglets Menggunakan Water Tunnel. Teknik, Mesin, Universitas Gadjah Mada

Freitag, William and Terry Schulze. 2009. Blended Winglet Improve Performance.http://www.boeing.com/commercial/aeromagazine/articles/qtr_03_09/article_03_1.html. 3 Oktober 2017

Haryadi, Setyo. 2016. Studi Numerik Efek Perbandingan Penambahan Wingtip Fence dan Blended Winglet Terhadap Performa Aerodinamika Airfoil NACA 23018. Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Larson, George C. 2001. How Things Work: Winglets. https://www. airspacemag.com/flight-today/how-things-work-winglets-2468375/. 3 Oktober 2018

Nawawi, Muhammad. 2015. Teori Dasar Koefisien Lift. http://www. tmuh11.blogspot.com/ 2015/03/teori-dasar-koefisien-lift.html. 3 Oktober 2018

Raharjo, Panggih. 2010. Terminologi Airfoil.https://www.panggih15. wordpress.com/2010/01/28/terminologi-airfoil/. 2 Oktober 2018.

Taufan, Muhammad. 2011. Winglet pada Pesawat Terbang.http://www.rider-system.net/2011/10/winglet-pada-pesawat-terbang.html. 3 Oktober 2018

Wikipedia. 2018. Pesawat Terbang. https://www.id.Wikipedia.org/wiki/ Pesawat _ terbang. 4 Oktober 2018.

Wiratama, Caesar. 2016. Lift dan Drag Pesawat Terbang. http://www. Aeroengineering.co.id/2016/01/lift-dan-drag-sayap-pesawat-terbang/,3 Oktober 2018

Diterbitkan

2021-01-18

Cara Mengutip

Asmoro, A. B. S. (2021). Analisa Pengaruh Variasi Sudut dan Luas Penampang Winglet terhadap Sayap NACA Airfoil 2412 Pada Pengujian Low Subsonic Wind Tunnel. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 27–34. Diambil dari https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/41