Perancangan Multimedia Interaktif Instrument Landing System Bagi Siswa Sekolah Penerbang TNI Berbasis Adobe Flash

  • Irfan Joko Peasetyo Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Suryo Wibowo Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Beny Zurianto Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Multimedia interaktif, Instrument Landing system, Adobe Flash, Animasi, Quiz

Abstract

Pentingnya proses belajar mengajar guna menghasilkan Penerbang TNI yang handal maka perlu suatu media pembelajaran yang efektif dan efisien serta interaktif terhadap siswa-siswa Penerbang tersebut. Untuk itu perlu dikembangkan suatu media interaktif yang bisa membantu peserta didik dalam memahami materi khususnya materi Instrument Landing System dan membantu Instruktur Penerbang dalam menyampaikan bahan pelajaran tersebut sehingga diharapkan semua peserta didik nantinya dapat menguasai materi dengan mudah. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan dikembangkan suatu media pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif yaitumengkombinasikan berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto, animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran untuk materi Instrument Landing System dengan berbasis Adobe Flash. Untuk menambah kenyamanan dalam belajar, multimedia interaktif ini dilengkapi dengan animasi tentang penggambaran Instrument Landing System yang disajikan dengan tampilan yang menarik sehingga User dapat dengan mudah memahami materi. Untuk menguji seberapa jauh pemahaman User, di lengkapilah dengan Quiz tentang materi Localizer, Glide Slope dan Marker Beacon.

Published
2021-08-04
How to Cite
Peasetyo, I., Wibowo, A., & Zurianto, B. (2021). Perancangan Multimedia Interaktif Instrument Landing System Bagi Siswa Sekolah Penerbang TNI Berbasis Adobe Flash. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 21-30. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/84
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.