Perancangan Multimedia Interaktif Instrument Landing System Bagi Siswa Sekolah Penerbang TNI Berbasis Adobe Flash

Authors

  • Irfan Joko Peasetyo Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Suryo Wibowo Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Beny Zurianto Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Multimedia interaktif, Instrument Landing system, Adobe Flash, Animasi, Quiz

Abstract

Pentingnya proses belajar mengajar guna menghasilkan Penerbang TNI yang handal maka perlu suatu media pembelajaran yang efektif dan efisien serta interaktif terhadap siswa-siswa Penerbang tersebut. Untuk itu perlu dikembangkan suatu media interaktif yang bisa membantu peserta didik dalam memahami materi khususnya materi Instrument Landing System dan membantu Instruktur Penerbang dalam menyampaikan bahan pelajaran tersebut sehingga diharapkan semua peserta didik nantinya dapat menguasai materi dengan mudah. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan dikembangkan suatu media pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif yaitumengkombinasikan berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto, animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran untuk materi Instrument Landing System dengan berbasis Adobe Flash. Untuk menambah kenyamanan dalam belajar, multimedia interaktif ini dilengkapi dengan animasi tentang penggambaran Instrument Landing System yang disajikan dengan tampilan yang menarik sehingga User dapat dengan mudah memahami materi. Untuk menguji seberapa jauh pemahaman User, di lengkapilah dengan Quiz tentang materi Localizer, Glide Slope dan Marker Beacon.

Downloads

Published

2021-08-04

How to Cite

Peasetyo, I. J., Wibowo, A. S., & Zurianto, B. (2021). Perancangan Multimedia Interaktif Instrument Landing System Bagi Siswa Sekolah Penerbang TNI Berbasis Adobe Flash. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 21–30. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/84

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>