Implementasi Enkripsi Dan Dekripsi Untuk Keamanan Data Seksi Senjata Denma AAU Berbasis Algoritma RC4

  • Ajeng Tresna Dwi Wijayanti Prodi Teknik Elektronika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Suryo Wibowo Departemen Elektronika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Seksi Senjata merupakan salah satu seksi dibawah Detasemen Markas (Denma) Akademi Angkatan Udara (AAU) yang memiliki tugas yang sangat penting karena terkait dalam masalah persenjataan. Senjata bagi lembaga militer merupakan hal yang sangat vital dan harus dijaga kerahasiaannya. Artinya, tidak boleh diketahui oleh orang banyak dan hanya diketahui oleh orang-orang yang berwenang saja. Oleh karena itu maka perlu dirancang sebuah aplikasi kriptografi yang berguna sebagai sistem pengamanan data seksi senjata di AAU. Dengan menggunakan metode algoritma RC4, maka aplikasi dapat memproses data dengan cara mengenkripsi dan mendekripsi data tersebut. Dalam perancangan aplikasi ini, peneliti menggunakan bahasa pemograman Matlab R2015a untuk membuat program. Proses pada aplikasi ini menitikberatkan pada enkripsi dan dekripsi data berupa file video mp4.

Published
2021-08-03
How to Cite
Wijayanti, A., & Wibowo, A. (2021). Implementasi Enkripsi Dan Dekripsi Untuk Keamanan Data Seksi Senjata Denma AAU Berbasis Algoritma RC4. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 7(2), 65-74. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/77
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.