Perancangan dan Analisis Statik Sayap Komposit Pesawat Tempur Menggunakan Software Solidworks dan Patran Nastran
Keywords:
Sayap Komposit, Solidworks, Patran Nastran, Failure Indices, Displacement, LaminatAbstract
Sayap adalah salah satu komponen utama dari pesawat terbang yang berfungsi untuk menghasilkan gaya lift. Bentuk dan material sayap pesawat berbeda beda dan sangat berpengaruh terhadap gaya angkat yang akan dihasilkan. Sayap pesawat tempur akan berbeda dengan sayap pada umumnya. Sayap pesawat tempur membutuhkan spesifikasi yang lebih baik karena bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal itu dipertimbangkan karena semakin efisien kinerja dari sayap, maka pesawat dapat menghemat bahan bakar yang akan digunakan. Penelitian ini merancang dan menganalisis sayap komposit pesawat tempur menggunakan software solidworks dan Patran Nastran. Database untuk airfoil yang digunakan adalah NACA 651212. Material yang digunakan dalam permodelan sayap pesawat adalah Carbon Epoxy T300 N5208. Dari bagian wing root ke wing tip, setiap komponen Ribs, Spar dan Skin dibagi ke dalam 2 section. Thicknes Section 1 adalah 80 laminat, dimana setiap laminate terdiri dari 8 layer dengan ketebalan setiap layer nya adalah 0,000125 m. Thicknes Section 2 adalah 40 laminat, dimana setiap laminate terdiri dari 8 layer dengan ketebalan setiap layer nyaadalah 0,000125 m. Pada rancangan arah serat 0° diperoleh Failure Indices sebesar 0,0448 dan Displacement sebesar 2,4 cm. Pada rancangan arah serat 45° diperoleh Failure Indices sebesar 0,402 dan Displacement sebesar 10,1 cm. Pada rancangan arah serat 90° diperoleh Failure Indices sebesar 0,836 dan Displacement sebesar 18,7 cm. Pada rancangan arah serat 0°/45°/-45°/90°/90°/-45°/45°/0° diperoleh Failure Indices sebesar 0,103 dan Displacement sebesar 3,02 cm.
References
James Ainsworth; Craig Collier; Phil Yarrington; Ryan Lucking; James Locke. “Airframe Wingbox Preliminary Design and Weight Prediction”, Society of Allied Weight Engineers. 2010.
Kuntjoro, Wahyu. “An Introduction to the Finite Element Method”. Mc GrawHill : Singapura. 2005.
Liu, Yifei. “Optimum Design Of a Composite Outer Wing Subject to Stiffness and Strength Constraints”, MSc Thesis, Cranfield University. 2011.
Niu, Michael C.Y. “Airframe Stress Analysisand Sizing”. California. Conmilit Press Ltd. 1997.
Niu, Michael C.Y. “Airframe Structural Design”. California. Conmilit Press Ltd. 1991.
Xu, Rongxin. “Optimal Design of a Composite Wing Structure for a Flying-Wing Aircraft Subject to Multi Constraint”, MSc Thesis, Cranfield University. 2012