Perancangan dan Analisis Statik Sayap Komposit Pesawat Tempur Menggunakan Software Solidworks dan Patran Nastran

  • Muhammad Abdul Ghofur Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
  • Listy Endah Ayu Susanti DepoPemeliharaan 60, Madiun, Indonesia
Keywords: Sayap Komposit, Solidworks, Patran Nastran, Failure Indices, Displacement, Laminat

Abstract

Sayap adalah salah satu komponen utama dari pesawat terbang yang berfungsi untuk menghasilkan gaya lift. Bentuk dan material sayap pesawat berbeda beda dan sangat berpengaruh terhadap gaya angkat yang akan dihasilkan. Sayap pesawat tempur akan berbeda dengan sayap pada umumnya. Sayap pesawat tempur membutuhkan spesifikasi yang lebih baik karena bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal itu dipertimbangkan karena semakin efisien kinerja dari sayap, maka pesawat dapat menghemat bahan bakar yang akan digunakan. Penelitian ini merancang dan menganalisis sayap komposit pesawat tempur menggunakan software solidworks dan Patran Nastran. Database untuk airfoil yang digunakan adalah NACA 651212. Material yang digunakan dalam permodelan sayap pesawat adalah Carbon Epoxy T300 N5208. Dari bagian wing root ke wing tip, setiap komponen Ribs, Spar dan Skin dibagi ke dalam 2 section. Thicknes Section 1 adalah 80 laminat, dimana setiap laminate terdiri dari 8 layer dengan ketebalan setiap layer nya adalah 0,000125 m. Thicknes Section 2 adalah 40 laminat, dimana setiap laminate terdiri dari 8 layer dengan ketebalan setiap layer nyaadalah 0,000125 m. Pada rancangan arah serat 0° diperoleh Failure Indices sebesar 0,0448 dan Displacement sebesar 2,4 cm. Pada rancangan arah serat 45° diperoleh Failure Indices sebesar 0,402 dan Displacement sebesar 10,1 cm. Pada rancangan arah serat 90° diperoleh Failure Indices sebesar 0,836 dan Displacement sebesar 18,7 cm. Pada rancangan arah serat 0°/45°/-45°/90°/90°/-45°/45°/0° diperoleh Failure Indices sebesar 0,103 dan Displacement sebesar 3,02 cm.

References

Ghofur, M.A., Perancangan Awal Sayap Pesawat Komposit Dengan Aspek Rasio Tinggi, Thesis, Program Studi Teknik Aeronautika dan Astronotika, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2013.

James Ainsworth; Craig Collier; Phil Yarrington; Ryan Lucking; James Locke. “Airframe Wingbox Preliminary Design and Weight Prediction”, Society of Allied Weight Engineers. 2010.

Kuntjoro, Wahyu. “An Introduction to the Finite Element Method”. Mc GrawHill : Singapura. 2005.

Liu, Yifei. “Optimum Design Of a Composite Outer Wing Subject to Stiffness and Strength Constraints”, MSc Thesis, Cranfield University. 2011.

Niu, Michael C.Y. “Airframe Stress Analysisand Sizing”. California. Conmilit Press Ltd. 1997.

Niu, Michael C.Y. “Airframe Structural Design”. California. Conmilit Press Ltd. 1991.

Xu, Rongxin. “Optimal Design of a Composite Wing Structure for a Flying-Wing Aircraft Subject to Multi Constraint”, MSc Thesis, Cranfield University. 2012
Published
2021-08-05
How to Cite
Ghofur, M., & Susanti, L. (2021). Perancangan dan Analisis Statik Sayap Komposit Pesawat Tempur Menggunakan Software Solidworks dan Patran Nastran. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(2), 71-80. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/89
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.