Perancangan Konfigurasi Hovercraft RG-1 Kapasitas 30 Penumpang Untuk Evakuasi di Bandar Udara

  • Muhammad Abdul Ghofur Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
  • Holid Holid Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU, Bandung, Indonesia
Keywords: hovercraft, evakuasi, bandara udara, solidworks, design requirement and objective

Abstract

Penelitian ini melakukan perancangan konfigurasi hovercraft RG-1 dengan kapasitas 30 penumpang untuk penggunaan evakuasi di bandar udara bila terjadi kecelakaan pesawat terbang. Tahapan perancangan dimulai dengan metode menentukan DRO atau Design Requirement Objective, dilanjutkan melakukan studi parameter dengan membandingkan beberapa hovercraft yang sudah ada. Kemudian menentukan berat kosong, ukuran-ukuran utama dan diakhiri dengan penggambaran 3 dimensi konfigurasi hovercraft secara detail menggunakan software solidworks.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghadirkan konsep perancangan konfigurasi dari hovercraft yang digunakan untuk evakuasi korban kecelakaan pesawat terbang di bandar udara. Objek penelitian ini pada perancangan konfigurasi hovercraft evakuasi yang memenuhi persyaratan mudah dalam melakukan evakuasi,memiliki interior yang bisa digunakan korban untuk duduk dan berbaring serta mampu hover di darat dan laut.  Yang tentunya dilengkapi dengan peralatan GPS yang cepat mengirim detail lokasi ke stasiun ground, dimana crew SAR dapat segera mengetahui lokasi, Radio VHF/UHF, lampu rescue sebanyak 3 ea di depan dan 2 ea dibelakang, sirine, kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta ring buoy dengan ukuran kecil, sedang dan besar. Dalam penelitian ini, mesin yang digunakan memiliki daya mesin 100 – 150 Hp untuk mesin angkat dan daya mesin 250 – 350 Hp untuk mesin dorong.Sehingga konsep perancangan ini sangat membantu untuk proses evakuasi korban kecelakaan pesawat di bandara yang berlokasi dekat pantai maupun rawan terjadinya banjir.

References

Trillo, R.L., “Marine Hovercraft Technology”, Leonard Hill Books, London, 1971

Tjahjono, S, “Kaji Perancangan Hovercraft 12 Penumpang, Disertai Kaji Parametrik”, Tugas Akhir Program Studi Teknik Aeronotika dan Astronotika, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, 1986.

Okafor, B.E., “Development of a Hovercraft Prototype” Department of Mechanical Engineering, Fed. University of Technology., Owerri-Nigeria.International Journal of Engineering and Technology Volume 3 No. 3, March, 2013, ISSN 2049-3444.

S.V. Uma Maheswara Rao.etc, “Development of a Integrated Air Cushioned Vehicle (Hovercraft)” Department of Marine Engineering, AUCE (A), Visakhapatnam, International Journal Of Modern Engineering Research (IJMER) Vol. 4 Iss. 5 May. 2014 ISSN: 2249–6645.

Rakesh Chandmal Sharma, etc, “Air Cushion Vehicles: Configuration, Resistance And Control” Department of Mechanical Engineering, M. M. University, Mullana (Ambala), India. Journal of Science, Vol 4 Issue 11, 2014 ISSN 2277 - 3290.

P. Fitzpatrick, “Calculation of Thrust in a Ducted Fan Assembly for hovercraft” Hovercraft Club Of Great Britain, 2003.

www.hovertechnics .com
Published
2020-12-28
How to Cite
Ghofur, M., & Holid, H. (2020). Perancangan Konfigurasi Hovercraft RG-1 Kapasitas 30 Penumpang Untuk Evakuasi di Bandar Udara. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(2), 119-130. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.