Perancangan dan Analisis Statik Konstruksi Tower 3 Kaki Ketinggian 20 Meter Menggunakan Software Solidworks

  • Muhammad Abdul Ghofur Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
Keywords: Tower, Solidworks, Stress, Displacement, Safety factor, Yield Strength, Von Mises

Abstract

Proses perancangan dan analisis konstruksi tower dimulai dengan mengidentifikasi semua kebutuhan, kemudian memberikan kriteria disain yang diinginkan. Kriteria desain yang dimunculkan adalah kuat, biaya yang murah, ringan, tidak membutuhkan lahan yang besar, mudah dalam transportasi dan pemasangan. ARM-WISS adalah Augmented Reality Mobile Weapon Impact Scoring System merupakan sebuah alutsista baru TNI AU yang dirancang agar mampu memantau, menilai, menganalisis dan mengevaluasi latihan untuk mendukung pencapaian safety yang lebih tinggi, mengembangkan taktik dan strategi pertempuran dan meningkatkan kualitas pemeliharaan alutsista seperti pesawat dan pendukungnya pada berbagai aspek secara cepat. Pada penelitian ini akan melakukan perancangan dan analisis kekuatan struktur dengan simulasi stress dan displacement dengan 2 variable jenis material AISI 1035 dan AISI 1045 melalui pembebanan sebesar 20 kgf pada desain tower teleskopik 3 kaki ketinggian 20 meter menggunakan Software Solidworks. Berdasarkan perbandingan selisih nilai masing-masing material antara AISI 1035 dan AISI 1045 dihasilkan bahwa kedua tower masuk dalam kategori aman karena nilai maksimum stress setelah dikali safety factor hasilnya tidak melebihi nilai yield strenght namun material yang lebih cocok dan efektif apabila digunakan untuk tower ini adalah AISI 1035 karena memiliki selisih nilai perbandingan yang lebih besar di bandingankan AISI 1045, atau dengan kata lain kekuatan konstruksi tower AISI 1035 lebih compatable dan cocok untuk digunakan sebagai tower pendukung teknologi Arm-Wiss dibandingkan tower dengan material AISI 1045.

References

Soufiane Karmouche, “Tower Design And Analysis For A Small Wind Turbine”. School Of Science And Engineering, Alakhawayn University, 2016.

Keshav Kr. Sharma, S.K.Duggal, Deepak Kumar Singh, and A.K.Sachan Comparative Analysis Of Steel Telecommunication Tower Subjected To Seismic & Wind Loading. Civil Engineering and Urban Planning: An International Journal (CiVEJ) Vol.2,No.3, September 2015.

Vikas Gahlawat, Er. Sumit Kumar, Yogesh Kaushik, Analysis and Design of a 25-Metre-Tall Steel Transmission Tower, International Journal of Engineering Technology, Management and Applied Sciences, July 2015, Volume 3, Issue 7, ISSN 2349-4476

R.C. Hibbeler, Mechanics of Materials.Prentice Hall, Seventh Edition.

Michael C. Y. NIU. Airframe Stress Analysis and Sizing. Hongkong Conmilit Press Ltd.

https://www.toweranalysis.co.uk/
Published
2021-08-04
How to Cite
Ghofur, M. (2021). Perancangan dan Analisis Statik Konstruksi Tower 3 Kaki Ketinggian 20 Meter Menggunakan Software Solidworks. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 11-20. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/83
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.