Perancangan Sayap Komposit Pesawat UAV HALE Dan Analisis Kegagalan Tsai-Wu

  • Muhammad Abdul Ghofur Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
  • Bambang Kismono Hadi Fakultas Teknik Mesin Dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Keywords: sayap pesawat, komposit, aspek rasio, kekuatan struktur, ribs, spars, skin, orthotropic, metode elemen hingga, kegagalan Tsai-Wu

Abstract

Penelitian ini melakukan perancangan dan analisis statik pada sayap pesawat yang memiliki aspek rasio sebesar 25 menggunakan software Solidworks dan Ansys 14.5. Material komposit carbon/epoxy T300/N5208 menjadi pilihan utama dalam proses perancangan struktur sayap pesawat ini dimana lamina disusun secara simetris dengan arah serat (0°/0°/45°/-45°)s dan ketebalan per layer nya sebesar 0,0001 m atau 0,1 mm. Analisis kegagalan pada lamina komposit dilakukan dengan menggunakan Kriteria Kegagalan Tsai-Wu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghadirkan konsep perancangan awal sayap aspek rasio tinggi dengan cara memvariasikan ketebalan ribs, skin dan spar dari chord root sampai dengan chord tip sehingga akan lebih efektif dan efesien ketika melakukan proses iterasi dalam variasi ketebalan komponen sayap. Objek penelitian ini pada perancangan geometri sayap pesawat UAV HALE dengan menggunakan metode elemen hingga, serta pengaruhnya terhadap kekuatan struktur sayap jika memvariasikan ketebalan Ribs, Spar dan Skin dengan indikator kegagalan struktur menggunakan kegagalan Tsai-Wu.Dalam penelitian ini diperoleh diperoleh trends pengaruh penambahan ketebalan pada masing-masing komponen sayap (Ribs, Spar dan Skin) terhadap kekuatan struktur sayap secara keseluruhan, yang dilihat dari kegagalan Tsai-Wu yang diperoleh. Sehingga konsep perancangan ini sangat membantu untuk proses perancangan sayap pesawat, dimana dalam perancangan sayap pesawat dilakukan banyak iterasi dalam variasi ketebalan sehingga mampu menghasilkan kekuatan struktur yang maksimal dengan berat yang minimal.

References

Ghofur, M.A., Perancangan Awal Sayap Pesawat Komposit Dengan Aspek Rasio Tinggi, . Thesis, Program Studi Teknik Aeronotika dan Astronotika, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2013.

Ainsworth, dkk. “Airframe Wingbox Preliminary Design and Weight Prediction”, Society of Allied Weight Engineers. 2010.

Liu, Yifei. “Optimum Design Of a Composite Outer Wing Subject to Stiffness and Strength Constraints”, MSc Thesis, Cranfield University. 2011.

Xu, Rongxin. “Optimal Design of a Composite Wing Structure for a Flying-Wing Aircraft Subject to Multi Constraint”, MSc Thesis, Cranfield University. 2012.

Kuntjoro, Wahyu. “An Introduction to the Finite Element Method”. Mc Graw Hill : Singapura. 2005.

Hadi, Bambang K. “Mekanika Struktur Komposit”. Penerbit ITB, Bandung. 2002.

Niu, Michael C.Y. “Airframe Stress Analysisand Sizing”. California. Conmilit Press Ltd. 1997.

Niu, Michael C.Y. “Airframe Structural Design”. California. Conmilit Press Ltd. 1991.

Rajappan, dkk. “Finite Element Modeling and Analysis of Skin Panel Based On the Fiber Orientation and Stacking Sequence”, IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering, India. Sep-Okt 2012.
Published
2020-12-21
How to Cite
Ghofur, M., & Hadi, B. (2020). Perancangan Sayap Komposit Pesawat UAV HALE Dan Analisis Kegagalan Tsai-Wu. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(1), 15-24. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/21
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.