Perancangan Dan Analisis Computional Fluid Dynamics Sayap Pesawat Tempur KFX/IFX Menggunakan Software Solidworks

  • Muhammad Abdul Ghofur Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
  • Ilham Triwicaksono Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan, Bandung, Indonesia
Keywords: Pesawat Tempur KFX/IFX, Sayap Pesawat, Computional Fluid Dynamics, Aerodinamika, Software Solidwork, Swept Back

Abstract

 

 Pesawat tempur KFX/IFX (Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment) adalah pesawat tempur yang sedang dikembangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dan diproduksi oleh masing masing negara yakni di fasilitas milik KAI dan fasilitas milik Indonesia di Bandung, PT Dirgantara Indonesia Persero (PTDI) yang merupakan pesawat tempur generasi 4,5. Sayap pesawat merupakan bagian penting dari pesawat tempur. Bentuk dan luas sayap pesawat tempur berbeda dengan pesawat penumpang dan pesawat kargo karena fungsi utama dari pengoperasian pesawat tempur digunakan untuk kecepatan, kelincahan dan bersifat responsif. Industri-industri pesawat terbang modern menggunakan komputasi dan simulasi numerik Computional Fluid Dynamics (CFD) sebagai solusi terhadap perancangan dengan petimbangan kecepatan dalam memperoleh data karakteristik Aerodinamika. Dari pengolahan data yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa Software yang digunakan untuk metode CFD dapat menggunakan software Solidwork yang dapat menampilkan pengujian aerodinamika secara 2D maupun 3D. Dengan menggunakan Solidwork, maka data-data aerodinamika pesawat yang dibutuhkan dapat diketahui sebagai acuan dalam perancangan selanjutnya. Dari hasil rancangan dan analisis diperoleh sayap yang memiliki sudut swept back 40⁰ dengan angle of attack 24⁰ sedangkan hasil yang diperoleh dari variasi swept back 30⁰,40⁰ dan 50⁰ pada kecepatan dan sudut yang sama diperoleh nilai coefficient lift dan coefficient drag yang berbeda. Sehingga dari hasil tersebut dapat mengetahui Cl max dari desain sayap pesawat tersebut.

References

M. Mulyadi, 2013.Analisis Aerodinamika pada Sayap Pesawat Terbang dengan Menggunakan Software Berbasis Computional Fluid Dynamics (CFD). Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Karna, S.P. CFD Analysis of an Aerofoil. International Journal of Engineering Research (IJER)e-ISSN : 2319-6890 p-ISSN : 2347-5013 Volume No. 3, Issue No. 3, pp : 154-158www.ijer.org.

Kusnayati, Nila. Mulyadi , A.M., Analisis Aerodinamika dan Studi Parameter Sayap CN-235 Kondisi Terbang Jelajah. Faculty of Mechanical and Aerospace Engineering, Institut Teknologi Bandung.

Lubis, M. M., 2012. Analisis Aerodinamika Airfoil NACA 2412 pada Sayap Pesawat Model Tipe Glider dengan Menggunakan Software Berbasis Computional Fluid Dynamic untuk Memperoleh Gaya Angkat Maksimum. Jurnal e-dinamis ISSN : 2338-1035 Volume II, No. 2. Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik..

Prakoso, A.D., 2015. Tugas Akhir, Analisis Karakteristik Aerodinamika Winglet pada Sayap Pesawat Grob G-120 TP melalui Pecobaan pada Low Subsonic Wind Tunnel. Departemen Aeronautika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta.

Anderson, J.D., 2005. Fundamentals of Aerodynamics. Fourth Edition, McGraw-Hill International Edition, McGraw-Hill Series Aeronautical and Aerospace Engineering University of Michigan, USA..

Anderson, J.D., 2005. Computional Fluid Dynamics. Fourth Edition, McGraw-Hill International Edition, McGraw-Hill Series Aeronautical and Aerospace Engineering University of Michigan, USA
Published
2021-03-09
How to Cite
Ghofur, M., & Triwicaksono, I. (2021). Perancangan Dan Analisis Computional Fluid Dynamics Sayap Pesawat Tempur KFX/IFX Menggunakan Software Solidworks. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 7(1), 47-56. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/68
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.