Mengukur Pemanfaatan Learning Management System Berdasarkan Persepsi User Menggunakan Regresi Linier Berganda dan Uji T

  • Arifin Arifin Dosen Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Ardian Infantono Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
Keywords: persepsi, pembelajaran, Learning Management System (LMS), regresi linier, uji t

Abstract

Tujuan penelitian adalah Menganalisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Sikap Pengguna dan Perilaku Pengguna terhadap Penggunaan Learning Management System (LMS) oleh taruna di AAU Yogyakarta. Fokusnya adalah pada faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan LMS dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Di penelitian ini penulis menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Objek dari penelitian ini adalah para Taruna AAU jurusan Teknik Elektronika Pertahanan yang memanfaatkan LMS di AAU untuk melaksanakan pembelajaran. Data primer digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara langsung dengan metode purposive sampling dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik regresi linier berganda dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap pengguna dan perilaku pengguna secara signifikan mempengaruhi penggunaan LMS secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Analisis ini sangat berguna untuk menentukan pola dan materi pembelajaran interaktif yang efektif di berbagai tempat pendidikan yang menggunakan LMS.

Published
2020-12-22
How to Cite
Arifin, A., & Infantono, A. (2020). Mengukur Pemanfaatan Learning Management System Berdasarkan Persepsi User Menggunakan Regresi Linier Berganda dan Uji T. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(1), 25-36. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/22
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.