Sistem Real Time untuk Visualisasi Posisi Titik Ledakan dan Lintasan Tembakan Roket Menggunakan Markerless Augmented Reality

  • Ardian Infantono Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan - Akademi Angkatan Udara
  • Andria Kusuma Wahyudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat, Minahasa, Indonesia
Keywords: augmented reality, markerless, real time, tembakan roket, weapon scoring system

Abstract

Latihan penembakan roket dari udara ke darat yang menggunakan alutsista harus berjalan dengan aman. Hasil latihan dan evaluasinya harus dilaporkan dengan cepat. Umumnya, perangkat sistem penilaian latihan penembakan atau Weapon Scoring System (WSS) menampilkan posisi titik ledakan roket dengan menggunakan monitor PC di suatu lokasi yang permanen. Kondisi ini mengakibatkan kesenjangan waktu penyampaian informasi real time yang diharapkan oleh semua komponen latihan. Jurnal ini mengusulkan sistem baru untuk memvisualisasikan hasil latihan penembakan roket udara ke darat yang dapat diperoleh kapan saja, dari mana saja, dan mendekati real time. Sistem yang disebut ARoket ini dirancang dan dikembangkan menggunakan Markerless Augmented Reality yang diimplementasikan di smartphone berbasis Android. ARoket terintegrasi dengan metode pendeteksian roket saat ini yakni Image Subtraction dan 3D-View Geometry. Model ini mampu menampilkan ilustrasi proses roket menghantam target serta menginformasikan beberapa data penting yakni posisi ledakan roket serta sudut dan bentuk lintasannya ketika menghantam target, yang diambil dari database Cloud Computing dan memvisualisasikannya dalam 3 dimensi. Sistem yang diusulkan ini berhasil memvisualisasikan lintasan roket di lapangan tembak berdasarkan data luaran dari WISS yang dikirim ke database Cloud. Sebuah peta terpasang di atas meja yang disebut Strategic Military Desk mewakili lapangan tembak dan lingkungannya. Dengan menggunakan smartphone dari setiap tempat berbeda yang diarahkan ke peta tersebut, semua petugas yang terkait latihan penembakan memfokuskan perhatiannya pada layar smartphone untuk mengamati proses roket menghantam lapangan tembak. Pengamatannya secara real time tersebut digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi hasil tembakan dengan cepat. Sistem yang diusulkan ini telah memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas dan keamanan latihan penembakan secara menyeluruh sehingga profesionalisme pengoperasian alutsista akan tercapai.

References

“Welcome to Stratech Systems Limited,” [Online] http://www.stratechsystems.com. [Accessed: 23-Apr-2015].

“C-E Solutions Showcase Weapon Impact Scoring System,” [Online]. http://www.c-esolutions.com.au/news/c-e-solutions-showcase-weapon-impact-scoring-system. [Accessed: 23-Apr-2015]

“Weapons Impact Scoring System,” [Online] http://www.navair.navy.mil/ranges/atr/docs/atr/FS_WISS.pdf [Accessed: 23-Apr-2014].

“AWSS Aerial Weapon Scoring System,” [Online] https://www.meggittdefense.com/index.php/aerial-weapon-scoring-system-47?task=view&id=98 [Accessed: 23-Apr-2015]

“Range Safety Officers - Policies and Regulation.” [Online] https://www.cfmws.com/en/AboutUs/Library/ PoliciesandRegulations/PSP/Documents/CFAO%209%2020.pdf [Accessed: 23-Apr-2015].

A. Infantono, T. B. Adji, and H. A. Nugroho, “Modeling of the 3D-view geometry based motion detection system for determining trajectory and angle of the unguided fighter aircraft-rocket,” presented at the WIT Transactions on Information and Communication Technologies, 2014, vol. 53, pp. 163–175.

“Markerless Augmented Reality.” [Online]. Available: http://www.arlab.com/blog/markerless-augmented-reality/. [Accessed: 23-Apr-2015]. .

“Developing with Vuforia | Vuforia Developer Portal.” .

L. Madden, Augmented Reality Browsers for Smartphone: Programming for JUNAIO, LAYAR, and WIKITUDE, First Edition., vol. 1. Wiley Publishing, 2012.

A. Infantono, T. Bharata Adji, and H. Adi Nugroho, “Advanced Calculation For Determining Position And Angle Of Unguided Aircraft-Rocket Based On The Motion Detection In Aerial Weapon Scoring System,” Proceeding Natl. Semin. Inf. Technol. Multimed. 2014 STMIK AMIKOM Yogyak., vol. Book 1, no. 1st, pp. 1.05–37 up to 1.05–42, Feb. 2014.

A. Infantono, and A. Wahyudi, “A Novel System to Display Position of Explosion, Shot Angle, and Trajectory of The Rocket Firing by Using Markerless Augmented Reality,” 2014 IEEE Joint International Conference on Electrical Engineering and Computer Science and the Second International Conference on Electric Vehicular Technology., vol. Book 1, no. 80th, pp. 234-239, 24-25 Nov. 2014.

A. Kadir and A. Susanto, Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra, First. Penerbit Andi, 2013.
Published
2020-12-21
How to Cite
Infantono, A., & Wahyudi, A. (2020). Sistem Real Time untuk Visualisasi Posisi Titik Ledakan dan Lintasan Tembakan Roket Menggunakan Markerless Augmented Reality. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(1), 1-14. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/2
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.