Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Taruna Pada Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan AAU

Penulis

  • Agus Pudjianto 2Departemen Teknik Manajemen Industri AAU, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Reward dan Punishment, Motivasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar Taruna yang ada di Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan disingkat Prodi TMI Han, selain itu juga penelitian ini dapat digunakan oleh Prodi TMI Han sebagai masukan untuk meningkatkan motivasi belajar Tarunanya dengan pemberian reward dan punishment. Untuk memacu motivasi belajar Taruna pada Prodi TMI Han AAU diperlukan reward atau penghargaan atas prestasi yang dicapai tetapi sebaliknya juga perlu diberikan punishment terhadap pelanggaran atau kelalaian yang dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Pemberian punishment berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Pemberian reward dan punishment berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar di Prodi TMI Han. Dasar teori yang melandasi penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia dengan fokus pada reward, punishment dan motivasi. Peneliti mengajukan hipotesis kerja atau alternatif (Ha) : Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian punishment terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian menunjukkan bahwa reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar, Punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar, reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar.

Referensi

Algifari. (2015). Mengukur Kualitaas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode IPA dan Model Kano.Yogyakarta: Kurnia Kalam.

Arikunto, Suharsimi. (2006). ProsedurPenelitian : Suatu Pendekatan Praktik Revisi IV. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2005.BelajardanPembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Motivasi belajar Berbasis Kompetensi-Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nurmiyati Eni. 2011. Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi belajar Karyawan Pada BPRD Harta Insan Kamariah. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Supranto. (2001). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, Prof. Dr. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV. Bandung.

Sugiyono. Prof.Dr (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Diterbitkan

2021-08-04

Cara Mengutip

Pudjianto, A. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Taruna Pada Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan AAU. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 31–40. Diambil dari https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/86

Terbitan

Bagian

Articles