Penggunaan Aplikasi Visual Basic Dalam Penjadwalan Dinas Pawas Taruna Akademi Angkatan Udara

  • Dewa Ayu Ardikna Suari Taruni Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, AAU, Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Pudjianto 2Departemen Teknik Manajemen Industri AAU, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: penjadwalan, pawas taruna, visual basic

Abstract

Penjadwalan adalah suatu kegiatan perancangan berupa pengalokasian sumber daya baik mesin maupun tenaga kerja untuk menjalankan sekumpulan tugas sesuai prosesnya dalam jangka waktu tertentu. Penjadwalan yang baik seharusnya simpel, mudah dimengerti dan dapat dilaksanakan oleh pihak manajemen dan oleh siapapun yang menggunakannya. Pawas taruna adalah seorang komandan yang berpangkat dari Letnan Dua hingga Kapten  yang bertanggung jawab mengawasi segala kegiatan yang dilakukan taruna pada hari itu.  Visual Basic adalah bahasa pemrograman generasi ke tiga dari Microsoft dengan IDE (Integrated Development Environment) atau pemrograman pengembangan terpadu, visual basic dibuat dan dirancang untuk mudah digunakan baik oleh programmer pemula sekalipun. Dalam Visual basic, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project.   Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS.  Dengan menggunakan Visual Basic, maka dapat disimpulkan bahwa pengaturan penjadwalan dinas dalam pawas taruna dapat diatur tanpa ada yang bertugas secara dua kali berturut-turut maupun lebih dari dua kali berturut-turut sehingga pembagian jadwal yang dibuat terbagi secara merata. Dapat dikatakan juga bahwa dengan menggunapak aplikasi Visual Basic dala mengatur jadwal dinas pada setiap bulannya dapat mempermudah dan dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien.

References

Anhar, (2016), Kumpulan Source Code Visual Basic 6.0 untuk Skripsi, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Balai Pustaka. (1994), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta.

Kepala Staf TNI-AU, (2009), POP Akademi Angkatan Udara, perkara 39/IV/2009, Jakarta.

Lee Christopher, (2014), Buku Pintar Pemrograman Visual Basic 2010, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Raharjo Budi, (2016), Mudah Belajar Visual Basic.Net, Penerbit Informatika, Bandung.

Rusmawan Uus, (2013), Koleksi Program VB.Net untuk Tugas Akhir dan Skripsi, Edisi Revisi, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Subdisjarah Diswatpersau (2008), Sejarah TNI Angkatan Udara 1980-1989, Jakarta.
Published
2020-12-19
How to Cite
Suari, D., & Pudjianto, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Visual Basic Dalam Penjadwalan Dinas Pawas Taruna Akademi Angkatan Udara. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 6(2), 99-108. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/17
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.