ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE ICE BREAKING TERHADAP MUTU TARUNA AAU MAJORING TEKNIK MANAJEMEN INDUSTRI DI AKADEMI ANGKATAN UDARA

  • Bagus Setianto Taruna Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, AAU, Yogyakarta, Indonesia
  • Agus Pudjianto 2Departemen Teknik Manajemen Industri AAU, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

 

Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di TNI AU berusaha memberikan jaminan terlaksananya proses belajar yang nyaman,aman dan kondusif. Dalam mendidik para taruna menjadi seorang Perwira TNI Angkatan Udara, Akademi Angkatan Udara mengedepankan 3 aspek utama yang disebut Tri Sakti Viratama.. Tri Sakti Viratama yang diterapkan meliputi aspek Tanggap dalam bidang akademik, Tanggon dalam bidang Kepribadian, serta Trengginas dalam bidang Jasmani. Dalam proses belajar mengajar, pembinaan merupakan salah satu faktor yang mana sangat berpengaruh terhadap prestasi dan mutu hasil kelulusan. Dalam proses pembelajaran di AAU dilakasanakan dalam bina kelas dan bina lapangan.  Salah satu faktor penentu dalam menunjang keberhasilan proses belajar adalah metode yang digunakan. Pada penelitian ini akan dilihat bagaimana pengaruh penerapan metode Ice breaking terhadap keberhasilan proses pembelajaran di AAU sehingga akan meningkatkan mutu Taruna.  Data akan diolah dengan teknik analisi deskriftif. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan hubungan antara variabel metode Ice Breaking () terhadap Mutu Taruna () di Akademi Angkatan Udara. Dapat dilihat bahwa hasil korelasi dari keduanya yaitu 0.522 atau yang berarti dalam taraf cukup atau sedang. Hal ini berarti perlu adanya penerapan metode Ice Breaking dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu Taruna di Akademi Angkatan Udara. 

References

Algifari. (2015). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode IPA dan Model Kano. Yogyakarta: Kurnia Kalam.

Soenarno. Adi (2007). Motivation Games untuk Peletihan Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Supranto. (2001). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Sugiyono, Prof. Dr. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV. Bandung.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. 2012. Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media
Published
2021-08-03
How to Cite
Setianto, B., & Pudjianto, A. (2021). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE ICE BREAKING TERHADAP MUTU TARUNA AAU MAJORING TEKNIK MANAJEMEN INDUSTRI DI AKADEMI ANGKATAN UDARA. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 7(2), 133-148. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/82
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.