Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Taruna Pada Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan AAU

  • Agus Pudjianto 2Departemen Teknik Manajemen Industri AAU, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Reward dan Punishment, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar Taruna yang ada di Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan disingkat Prodi TMI Han, selain itu juga penelitian ini dapat digunakan oleh Prodi TMI Han sebagai masukan untuk meningkatkan motivasi belajar Tarunanya dengan pemberian reward dan punishment. Untuk memacu motivasi belajar Taruna pada Prodi TMI Han AAU diperlukan reward atau penghargaan atas prestasi yang dicapai tetapi sebaliknya juga perlu diberikan punishment terhadap pelanggaran atau kelalaian yang dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Pemberian punishment berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Pemberian reward dan punishment berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar di Prodi TMI Han. Dasar teori yang melandasi penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia dengan fokus pada reward, punishment dan motivasi. Peneliti mengajukan hipotesis kerja atau alternatif (Ha) : Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian punishment terhadap motivasi belajar Taruna di Prodi TMI Han. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian menunjukkan bahwa reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar, Punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar, reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi belajar.

References

Algifari. (2015). Mengukur Kualitaas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode IPA dan Model Kano.Yogyakarta: Kurnia Kalam.

Arikunto, Suharsimi. (2006). ProsedurPenelitian : Suatu Pendekatan Praktik Revisi IV. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2005.BelajardanPembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Motivasi belajar Berbasis Kompetensi-Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nurmiyati Eni. 2011. Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi belajar Karyawan Pada BPRD Harta Insan Kamariah. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Supranto. (2001). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, Prof. Dr. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV. Bandung.

Sugiyono. Prof.Dr (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Published
2021-08-04
How to Cite
Pudjianto, A. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Taruna Pada Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan AAU. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 31-40. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/86
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.