Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0

Penulis

  • Marzuki Marzuki 1Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Budi Santoso Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Abdul Ghofur Departemen Aeronautika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.154

Kata Kunci:

Peran pesantren, ketahanan umat Islam, Indonesia, Society 5.0.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan peran pesantren untuk membangun daya tahan umat Islam Indonesia di era society 5.0. Pesantren yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia memiliki beberapa ciri pokok seperti adanya pondok, masjid, santri, ustaz, kiai, dan pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisisi isi (content analysis). Sumber data berupa beberapa manuskrip baik buku maupun artikel jurnal ilmiah yang berisi kajian-kajian yang relevan dengan berbagai upaya penguatan peran pesantren dalam pemberdayaan umat Islam Indonesia di era society 5.0. Analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki tujuan, peran, dan fungsi yang cukup banyak di tengah-tengah masyarakat seiring dan sejalan dengan tujuan, peran, dan fungsi pendidikan Islam. Pesantren juga merupakan lembaga pendidikan Islam yang berperan penting dalam pemberdayaan umat Islam Indonesia sehingga memiliki ketahanan dalam menghadapi berbagai perubahan dan dinamika kehidupan di era society 5.0. Aspek penting yang dibangun pesantren untuk pertahanan dan ketahanan umat Islam di antaranya aspek keagamaan, karakter, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Sebagai institusi pendidikan Islam terkemuka di Indonesia pesantren harus mampu membekali setiap Muslim di era society 5.0 sekarang ini agar tetap dapat mempertahankan jati dirinya sebagai manusia Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai religius dan nilai-nilai kemanusiaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Y. M. Yani dan I. Montratama, “Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia: Suatu Tinjauan Geopolitik,” dalam Jurnal Pertahanan & Bela Negara, vol. 5, no. 2, pp. 25-52, 2018, doi: http://dx.doi. org/10.33172/jpbh.v5i2.356.

A. A. Rahma, “Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia,” dalam Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 12, no. 1, pp. 1-8, 2020, doi: https://doi. org/10.22146/jnp.52178.

V. B. Kusnandar, “India Negara Berpenduduk Muslim Terbesar Dunia Mulai 2030, Indonesia kedua” (2021) [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/11/india-negara-berpenduduk-muslim-terbesar-dunia-mulai-2030-indonesia-kedua.

I. Indriya, I. Indrayanto, dan S. Falah, “Telaah pendidikan Islam di Rusia dan Indonesia (Pengaruh Sejarah Pendidikan Islam di Rusia dan Indonesia terhadap Perkembangan Islam),” dalam Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 1, pp. 263-286, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i01.955.

M. Qomar, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Surabaya: Erlangga, 2002.

E. Srimulyani, Women from Traditional Islamic Educational Institutions in Indonesia: Negotiating Public Spaces. Amsterdam: Amsterdam University Press, 2012.

A. Maksum, “Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf,” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), vol. 3, no. 1, pp. 81-108, 2015, doi: https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.81-108.

Marzuki, Miftahuddin, dan M. Murdiono, “Multicultural Education in Salaf Pesantren and Prevention of Religious Radicalism in Indonesia,” in Cakrawala Pendidikan, vol. 39, no. 1, pp. 12-25, 2020, doi: https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.22900.

A. Darmadji, “Pondok Pesantren dan Deradikalisasi Islam di Indonesia,” dalam Millah: Jurnal Studi Agama, vol. 11, no. 1, pp. 235-252, 2011, doi: https://doi.org/10.20885/millah. vol11.iss1.art12.

I. Masduqi, “Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren,” dalam Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1-20, 2013, doi: 10.14421/jpi.2013.21.1-20.

T. Y. Kusmanto, M. Fauzi, dan M. M. Jamil, “Dialektika Radikalisme dan Anti Radikalisme di Pesantren,“ dalam Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, vol. 23, no. 1, pp. 27-50, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.21580/ws.23.1.221.

Jakaria, A. Mundzir, S. V. Riorini, dkk., Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menuju Era Society 5.0 di Tengah Pandemi Covid-19. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.

H. Prasetyo dan W. Sutopo, “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset,” dalam J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, vol. 13, no. 1, pp. 17-26, 2018, doi: https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26.

I. Sabri, “Peran Pendidikan Seni di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0,” dalam Seminar Nasional Pascasarjana 2019, vol. 2, no. 1, pp. 342–347, 2019, https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/302.

Jakaria, A. Mundzir, S. V. Riorini, dkk., Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menuju Era Society 5.0 di Tengah Pandemi Covid-19. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.

A. Tafsir, dkk., Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.

M. A. al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (Terj. Oleh H. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry L.I.S.). Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Marzuki, Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.

H. Herman, “Sejarah Pesantren di Indonesia,” dalam Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 145-158, 2013.

M. I. Usman, “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini),” dalam Jurnal Al-Hikmah, vol. 14, no. 1, pp. 101-119, 2013.

Z. Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1994.

B. M. Alwi, “Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya,” dalam Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 6, no. 2, pp. 205–219, 2016, doi: https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a8.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

S. Wagiman, The Modernization of The Pesantren’s Educational System to Meet the Needs of Indonesian Communities (Issue July). McGill, Canada: McGill University, 2017.

Z. Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.

K. Krippendorff and M. A. Bock, The Content Analysis Reader. Pennsylvania, USA: SAGE Publications, Inc., 2008.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

Z. Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

Hasyim dan A. Botma, Konsep Pengembangan Pendidikan Islam: Telaah Kritits Terhadap Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Makassar: Penerbit Kedai Aksara, 2014.

R. Lazuardian dan I. Zaki, “Kontribusi Pondok Pesantren Riyadhul Jannah dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa Pacet Mojokerto,”, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol. 7, no. 3, pp. 472-485, 2020, doi: 10.20473/vol7iss20203pp472-485.

S. Falah dan I. Zaki, “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Ala Pondok Pesantren di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Surabaya,” dalam Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol. 4, no. 4, pp. 340-352, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.20473/vol4iss20174pp340-352.

I. Nurhadi, H. Subiyantoro, dan N. U. Hadi, “Pemberdayaan Masyarakat Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Minat Masyarakat: Studi Kasus Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Munjungan,” dalam Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 142-153, 2018, doi: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3085.

M. A. Fathoni dan A. N. Rohim, “Peran Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Indonesia, in Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, Agustus 2019, vol. 2, pp. 133-140.

A. Sugandi, H. B. Tanjung, dan R. K. Rusli, “Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat,” dalam Tadbir Muwahhid, vol. 1, no. 2, pp. 99-115, 2017, doi: https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950.

M. Y. A. Subekti dan M. M. Fauzi, “Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar,” dalam Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 99-100, 2018, doi: https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.554.

S. Zuhri, “Pendidikan Pesantren di Persimpangan Jalan,” dalam Marzuki Wahid, dkk. (ed), Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Marzuki, M., Santoso, B., & Ghofur, M. A. (2021). Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 269–278. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.154

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama