Perancangan G-Early Warning Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535Dengan Accelerometer DXL330

  • Siswiyanto Eska Yanifa Taruna Prodi Elektronika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Bambang Gastomo Dosen Gol. V, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta Indonesia
Keywords: over-G, G-early warning, ATmega8535, accelerometer ADXL330, ADC, seven segmen, buzzer

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang G-early warning berbasis mikrokontroler ATmega8535 dengan accelerometer ADXL330.Masalah terjadi dalam penerbangan, pilot harus tetap menjaga kesadaran untuk mencapai keselamatan terbang, termasuk pada saat menahan over-G.Pada saat melakukan manuver tidak jarang pilot akan merasakan blackout akibat menahan G. Oleh karena itu, perlu adanya alat peringatan terhadap over-G seperti G-early warning sehingga pilot akan mengetahui bahwa pesawatnya akan melakukan over-G dan pilot harus segera level untuk menghindari hal–hal yang tidak diinginkan. G-early warning merupakan alat pencegah dini terhadap gaya G berlebih pada objek bergerak. Alat ini menggunakan sensor kecepatan yaitu accelerometerADXL330 yang akan menghitung besarnya gaya G berdasarkan kecepatan yang ditempuh terhadap gaya gravitasi bumi. Mikrokontroler AVR-ATmega8535 berfungsi sebagai ADC (Analog to Digital Converter) dan menghubungkan antara sensor sebagai input dengan seven segment dan buzzer sebagai output. Besarnya gaya G yang diperoleh akan ditampilkan dalam seven segment dan sebagai peringatan digunakan buzzer untuk mengubah listrik menjadi suara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dimana perancangan G-early warning ini memanfaatkan teknologi semikonduktor dan sensor accelerometer ADXL330 dan mikrokontroler ATmega8535. Hasil yang ditunjukkan oleh accelerometer ADXL330 dengan kemampuan deteksi hingga ±3G.

References

Bateson, R.N., P,E., Introduction to ControlSystem Technology, Prentice Hall, Ohio,1993.

Bejo, A., C&AVR Rahasia KemudahanBahasa C dalam Mikrokontroler ATmega8535, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.

Brown, Robert Grover, “Introduction toRandom Signals and Applied Kalmanfiltering”, John Willey & Son, third edition,Canada, 1997.

Groothuis, S., “Self-Balancing Robot'Dirk'”, Control Engineering University ofTwente, Juni 2008.

Padiyar, K.R., Power System DynamicsStability and Control, John Wiley & Sons,Singapore.

Simon, Dan, “Kalman Filtering”,http://academic.csuohio.edu, 2001.

Sudjadi., Teori dan Aplikasi Mikrokontroler Aplikasi pada MikrokontrolerAT89C51, Graha Ilmu, Semarang, 2005.

Wardhana, L., Belajar SendiriMikrokontroler AVR Seri ATmega 8535,Andi Offset, Yogyakarta, 2006.

Welch, Greg & Gary Bishop, “AnIntroduction to The Kalman Filter”, Departement of Computer Science University of North Carolina at Chapel Hill,2006.

Widada, W., “Aplikasi Digital ExponentialFiltering untuk Embedded Sensor PayloadRoket”, Prosiding Semiloka TeknologiSimulasi dan Komputasi serta Aplikasi,2005.

ATmega 8535 Data Sheet,http://www.atmel.com, Maret 2019.

ADXL 330 Data Sheet, https://www.analog.com/media/en/technical-documentation/pdf , Maret 2019.

LCD M1632 Data Sheet.https://www.datasheetarchive.com/?q=M1632 Maret 2019

Buzzer–Arduino- Tutorial Data Sheet, https://www.instructables.com/id/How-to-use-a-Buzzer-Arduino-Tutorial/.Maret 2019
Published
2021-08-04
How to Cite
Yanifa, S., & Gastomo, B. (2021). Perancangan G-Early Warning Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535Dengan Accelerometer DXL330. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 8(1), 41-50. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/85
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.