Analisis Akurasi Penentuan Nilai Optimal Pada Metode Transportasi Menggunakan POM-QM dan Solver Excel

  • Budi Mardian Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta

Abstract

 

Metode Transportasi merupakan suatu metoda yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk yang sama, ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal. Alokasi produk biasanya diatur sedemikian rupa, karena terdapat perbedaan biaya alokasi dari satu sumber ke tempat tujuan yang berbeda-beda dan dari beberapa sumber ke suatu tempat tujuan yang berbeda-beda juga. Tujuan dari metode transportasiadalah untuk menentukan Nilai Optimal yaitu nilaiminimal ataupun maksimal dari produk produk yang akan dialokasikan. Penentuan nilai optimal pada persoalan metode transportasi dapat dilakukan dengan menggunakan Solver Exceldan Software POM-QM. Solver adalah perangkat tambahan yang terdapat pada microsoft Excel yang berfungsi untuk memecahkan persoalan perhitungan yang rumit. Software POM-QM adalah software operation research yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan operasi riset diantaranya Metode Transportasi. Jika olah data dilakukan dengan benar, maka hasil analisis akan menunjukkan akurasi ketelitian yang sama. Hal ini menunjukkanbahwa persoalan transportasi dapat diselesaikan, baik menggunakan solver excelmaupun software POM-QM.

References

Mulyono. Sri. (2004), Riset Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Mulyono, S. (2002), Riset Operasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Zulfikarijah. Fien.(2004), Operation Research. Bayumedia, Malang.

Aminuddin. (2005),Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.

Simbolon, L.D., Situmorang, M.&Napitupulu, N., (2014), “Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Miskin (Raskin) Pada Perum Bulog Sub Divre Medan” dalam Jurnal Saintia Matematika, Vol 02, No 03, hal. 299-311.

Nelwan, C., Kekenusa, J.&Langi, Y, (2013), “Optimasi Pendistribusian Air Dengan Menggunakan Metode Least Cost Dan Metode Modified Distribution” dalam Jurnal Ilmiah Sains, FMIPA Univ Sam Ratulangi., Vol 13, No 01.

Chiang, A.C. & Wainwright, K., (2006), Dasar Dasar Matematika Ekonomi, Edisi Keempat, Penerbit Erlangga.

Hiller, F.S. & and Lieberman, G.J., (1990), Introduction to Operations Research, 5th Edition, McGraw-Hill International, Singapore.

Hillier, F.S. & Liebermen, G.J., (2001), Introduction to Operations Research, 7th Edition, McGraw-Hill International, New York.
Published
2021-08-03
How to Cite
Mardian, B. (2021). Analisis Akurasi Penentuan Nilai Optimal Pada Metode Transportasi Menggunakan POM-QM dan Solver Excel. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 7(2), 121-132. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/81
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.