Membangun Sistem Informasi Sederhana Menggunakan Formula Excel

  • Budi Mardian Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Suparyono Suparyono Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
Keywords: sistem informasi, excel, sheet, database

Abstract

Sebuah sistem informasi akan bermanfaat jika audiens merasa nyaman dan mudah dalam penggunaannya. Untuk itu sebaiknya sebuah sistem informasi hendaknya dibangun bersifat  friendly yaitu  mudah diakses dan mudah digunakan. Banyak cara untuk membuat sebuah sistem informasi, namun tidak semua orang mampu membuatnya sehingga sebagian besar hanya bergantung pada jasa programerdengan harga yang tidak murah. Untuk menghindari hal yang demikian, maka sebuah sistem informasi sebaiknya dapat dibangun dengan lebih sederhana sehingga semua orang bisa membuatnya sendiri. Salah satu cara sederhana membangun sebuah sistem informasi adalah dengan menggunakan microsoft excel. Adapun yang menjadi pertimbangannya adalah, hampir semua komputer PC ataupun laptop telah dilengkapi dengan fasilitas microsoft excel dan hampir semua pengguna komputer  familiar dengan microsoft excel. Merancang sebuah sistem informasi dengan microsoft excel hanya mengandalkansheet dan formula. Sheetsheet yang digunakan terdiri dari sheet sheet untuk database dan sheet untuk tampilan sistem informasi. Antara sheet sistem informasi dan sheet sheet database terhubung satu sama lain dengan menggunakan formula formula excel. Untuk pengamanan database dan tampilan sistem informasi, sebaiknya semua sheet menggunakan fasilitas protect sheet.

References

Arifin, J., (2007), Aplikasi Excel Dalam Solver Bisnis Terapan, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Fauzi, A., (2007), Analisis Data Dengan Excel 2007, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jubilee, W., (2009), Solusi Bisnis Sehari Hari Dengan Excel 2007, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

McLeod, R. &Schell, G., (2008), Sistem Informasi Management, Edisi Kesepuluh,Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

McLeod, R., (2001), Sistem Informasi Management, Edisi Bahasa Indonesia,Penerbit PT.Prenhalindo, Jilid I & II, Jakarta.

Wicaksono, Y., (2010), Excel Function for Data Analysis and Business Model , Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Zulkifli, A., (2001), Manajemen Sistem Informasi, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Elex Media Komputindo, Jakarta.
Published
2020-12-15
How to Cite
Mardian, B., & Suparyono, S. (2020). Membangun Sistem Informasi Sederhana Menggunakan Formula Excel. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 5(1), 89-99. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/13
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.