Analisis Perpindahan Aktivitas Mower Pada Kejadian Stochastic Menggunakan Metode Markov Chains

  • Budi Mardian Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Suprapto Suprapto Departemen Teknik Manajemen Industri, Akademi Angkatan Udara
Keywords: markov chains, stochastic, mower, pemotong rumput, steady state

Abstract

Aktivitas  pemotongan rumput biasanya dilakukan dengan menggunakan mower atau mesin pemotong rumput. Besarnya  peluang  aktivitas pemotongan rumput pada suatu lahan tergantung dari banyaknya aktivitas mower yang terjadi pada lahan tersebut. Perpindahan aktivitas mower merupakan kejadian stochastic, jika perpindahan aktivitas  mower hanya  mengacu pada data visual saja dan belum dilakukan secara terjadwal. Sehingga hasil pemotongan rumput belum merata.  Metode Markov Chains  adalah suatu metode yang mempelajari sifat-sifat suatu variabel pada masa sekarang yang didasarkan pada sifat-sifatnya di masa lalu, yang bertujuan untuk memprediksi sifat-sifat variabel tersebut di masa  mendatang.  Pada kejadian stochastic, biasanya perpindahan aktivitas mower hanya mendominasi beberapa area tertentu saja. Hal ini memberikan gambaran bahwa pemotongan rumput yang terjadi belum merata. Dengan menggunakan metode Markov Chains maka peluang kejadian pemotongan rumput yang terjadi dapat diprediksi untuk beberapa periode kedepan hingga mencapai kondisi steady state, yaitu kondisi dimana peluang kejadian  pemotongan  rumput  pada  periode  selanjutnya sudah tetap atau tidak berubah lagi. Jika data kondisi  steady state  tidak banyak mengalami perubahan seperti kondisi awal, maka hal ini menunjukkan bahwa untuk beberapa periode waktu kedepan aktivitas pemotongan  rumput masih belum dilakukan secara merata. Penelitian diawali dengan memetakan area pemotongan rumput dengan ukuran ukuran tertentu. Selanjutnya aktivitas mower di area yang telah dipetakkan dianalisis dengan markov chains sehingga peluang terjadinya perpindahan aktivitas mower pada area tertentu di masa mendatang dapat diprediksi. Data prediksi dijadikan dasar untuk membuat strategi pemotongan rumput yang lebih baik.

References

Anton, H. & Rorres, C., (2005), Aljabar Linear Elementer, Edisi Kedelapan, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Allo, D.G., Hatidja, D. & Paendong M., (2013), “Analisis Rantai Markov untuk mengetahui peluang perpindahan merk kartu seluler pra bayar GSM” , Jurnal Mipa UnsratOnline, 2(1), hal. 17-22.

Chiang, A.C. & Wainwright, K., (2006), Dasar Dasar Matematika Ekonomi, Edisi Keempat, Penerbit Erlangga.

Hiller, F.S. & and Lieberman, G.J., (1990), Introduction to Operations Research, 5th Edition, McGraw-Hill International, Singapore.

Hillier, F.S. & Liebermen, G.J., (2001), Introduction to Operations Research, 7th Edition, McGraw-Hill International, New York.

Lisyanto, (2002), Mekanisme Pemotongan Rumput Dengan Menggunakan Pisau Pemotong Rumput Tipe Reel, Tesis, IPB, Bogor.

Suastawa, N., Praeko, R., Setiawan, A.& Sanjaya, P., (2003), “Torsi pemotongan dan efek hembusan dari model Pisau miring (slanted blade) untuk mesin Pemotong rumput tipe rotari” dalam Buletin Keteknikan Pertanian, Vol 17, No 1, hal. 21-31.

Siswanto, (2007), Operations Research, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Suharyatun, S., (2002), Mekanisme Pemotongan Rumput Dengan Menggunakan Pisau Pemotong Rumput Tipe Rotari, Tesis, IPB, Bogor.

Taha, H.A., (2007), Operations Research an Introduction, 8th Edition. Pearson Education Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Published
2020-12-28
How to Cite
Mardian, B., & Suprapto, S. (2020). Analisis Perpindahan Aktivitas Mower Pada Kejadian Stochastic Menggunakan Metode Markov Chains. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(2), 161-172. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/35
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.