Aplikasi Penggunaan Steganography dan Crypthography untuk Penyimpanan Data Rahasia dengan Menggunakan Metoda Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS)

  • Gillang Nugraha Departemen Elektronika Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia, 55002
  • Panca Prawira Dosen Prodi Elektronika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS), CryptoAPI bit change system windows, Cryptography, Hide dan Lock Folder System, Steganography

Abstract

Data intelijen adalah informasi  yang berisikan data rahasia mengenai hal yang tidak boleh diketahui oleh orang lain yang dapat mempengaruhi dan menentukan kerahasian bagi pembuat data, sehingga guna terlindunginya data intelijen tersebut dibutuhkan media khusus yang dapat menyimpan, menyembunyikan dan merahasiakannya. Jika data tersebut akan dipindahkanpun harus dibawa dengan selamat tanpa diketahui  isinya oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Pada penelitian ini, dibuat suatu program pengamanan data dengan menggunakan Command Prompt dan Visual Basic guna menjamin keamanannya. Program aplikasi ini menerapkan metode  Steganography Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS), dimana memiliki kapasitas penyisipan data yang besar dan tersimpan dalam bit data program tanpa mempengaruhi bit pixel gambar serta CryptoAPI digunakan sebagai proses Cryptography data. CryptoAPI merupakan metode memanipulasi data dengan mengganti interface program yang asli dengan karakter program yang berbeda sesuai yang diinginkan melalui proses enkripsi dan dekripsi, serta penggunaan yang terintegrasi dengan Operating System Windows.

Published
2020-12-24
How to Cite
Nugraha, G., & Prawira, P. (2020). Aplikasi Penggunaan Steganography dan Crypthography untuk Penyimpanan Data Rahasia dengan Menggunakan Metoda Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS). Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(2), 93-106. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/29
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.