Analisis Patahan Komponen Torque Tube Seesaw Arm Pada Pesawat KT-1B LD-0101

Penulis

  • Aji Yuda Surya Atmaja Departemen Aeronautika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Adi Purwoko Departemen Aeronautika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta

Kata Kunci:

, fatigue crack

Abstrak

Pada tahun 2013 pesawat latih Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) KT-1B Wong Bee LD 0101 telah mengalami insiden berupa kerusakan komponen Torque Tube Seesaw Arm P/N 81325113-01 pada sub sistem nose wheel steering. Komponen tersebut patah saat pesawat melakukan taxy, sehingga mengakibatkan pesawat tidak dapat berbelok. Oleh karena itu, dilakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab kepatahan komponen torque tube seesaw arm tersebut. Tujuan dalam melakukan penyelidikan ini adalah menentukan modus kegagalan dan menentukan penyebab kegagalan struktur torque tube seesaw arm. Metode yang dilakukan dalam menentukan modus kegagalan adalah pengamatan secara visual serta analisis berdasarkan teori Analisis Kegagalan. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa patah terjadi karena lelah (fatigue) pada logam akibat pembebanan dinamis.Selain itu kegagalan struktur didukung adanya tegangan sisa pada bagian dalam logam sehingga menimbulkan retak dalam dan berujung pada crack.

Diterbitkan

2020-12-28

Cara Mengutip

Atmaja, A. Y. S., & Purwoko, A. (2020). Analisis Patahan Komponen Torque Tube Seesaw Arm Pada Pesawat KT-1B LD-0101. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(2), 145–154. Diambil dari https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/33

Terbitan

Bagian

Articles