Analisis Retakan Pada Horizontal Stabilizer Spar Pesawat CASA C-212-200
Keywords:
Spar, Stress Corrosion Cracking, Aluminium Alloy 7075Abstract
Spar berfungsi sebagai penahan beban lentur serta penghubung struktural antara wing atau stabilizer dengan fuselage. Dalam menerima beban dinamik saat operasi, retakan yang terjadi pada spar umumnya karena fatigue. Pada horizontal stabilizer front spar pesawat komersial jenis CASA C-212-200 ditemukan retakan dengan arah rambatan berbeda dengan arah rambatan retakan yang biasa terjadi pada kegagalan fatigue. Metode pengamatan dilakukan secara visual pada front spar dengan analisis berdasarkan teori analisis kegagalan. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa front spar mengalami retakan akibat fenomena Stress Corrosion Cracking, sehingga direkomendasikan untuk mengganti material komponen dari Aluminium Alloy 7075-T6 menjadi Aluminium 7075 T73.
References
Kotari, S. et al. 2014. Design and Analysis of Crack Stopper. International Journal of Current Engineering and Technology.
Aviation Maintenance Technician Handbook Airframe Volume 1 Chapter 9, Aircraft Electrical System. Federal Aviation Administration, US Department of Transportation. 2012.
Callister. W. 2007. Materials Science And Engineering: an Introduction. Department of Metallurgical Engineering, The University of Utah, United States.
Speidel, M. 1975. Stress Corrosion Cracking of Aluminium Alloys. Metallurgical Transactions A Volume 6A, April 1975.
Dorward, R. 1978. Flaw Growth of 7075, 7475, 7050 And 7049 Aluminium Alloy Plate in Stress Corrosion Environment: 2-Year Marine Atmosphere Results. Research report CFT RR 78-16. Kaiser Aluminium And Chemical Corporation, USA.