Pengolahan Citra Digital Untuk Pengukuran Pakaian Taruna Dengan Metode Thresholding Berbasis Delphi

  • Muhammad Jepri Suhendro Taruna Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
  • Panca Prawira Dosen Prodi Elektronika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Borland Delphi 7.0, Database, Edge Detection, Image Processing, Thresholding

Abstract

TNI Angkatan Udara (AU) memiliki kewajiban untuk mencetak airman yang memiliki penampilan yang baik dan elegan. Dengan berpenampilan baik dan elegan dapat menambah kepercayaan diri setiap personel TNI AU khususnya Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU). Untuk memenuhi penampilan yang baik dan elegan tersebut dibutuhkan ukuran yang sesuai, dan dalam pelaksanaan pengukuran membutuhkan ketelitian serta waktu yang lama dalam recovery data. Dalam penelitian ini dirancang aplikasi pengolahan citra digital yang digunakan untuk mengukur ukuran baju taruna dengan menggunakan citra yang dihasilkan dari foto taruna. Citra digital tersebut akan diproses dengan metode Thresholding dan edge detection, sehingga akan diperoleh ukuran baju taruna yang dimasukkan kedalam database, sehingga memudahkan dalam recovery data. Dalam perancangan program ini digunakan software Borland Delphi 7.0 dan MySQL sebagai program database. Program yang dirancang dapat mengukur citra digital dengan resolusi citra minimum 2800 x 5600 pixel berformat jpeg dengan error hasil perbandingan pengukuran manual dan pengukuran program adalah 0,01%. Sehingga pengukuran secara digital dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien dibandingkan pengukuran manual dengan tetap mengutamakan akurasi pengukuran.

References

Anna, B. “Pengembangan Model Matematis dan Perangkat Lunak Pengukuran Antropometri Circumference Digital”, Universitas Gadjah Mada, 2012.

Dariyah, S., Estimasi Parameter Antropometri Keliling Pada Wanita Usia 20-30 Tahun dengan Memperhatikan Faktor Body Mass Index (BMI), Skripsi Prodi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, 2011.

Achmad, B.2013. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Gray Scale. 2013. .

Kusnassriyanto. 2011. Belajar Pemograman Delphi. Bandung : Modula.

Marlinda, L. 2013.Sistem Basis Data, Yogyakarta : Andi.

Madcoms, 2006. Aplikasi Manajemen Database Pendidikan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2006

Template Matching. 2013. < URL : http://abikindo.blogspot.com/2010/06/template-matching.html>.

Yofianto, E. 2010.“Thresholding Citra” .
Published
2020-12-22
How to Cite
Suhendro, M., & Prawira, P. (2020). Pengolahan Citra Digital Untuk Pengukuran Pakaian Taruna Dengan Metode Thresholding Berbasis Delphi. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(1), 65-78. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/26
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.