Pemodelan Dan Simulasi 6 Derajat Kebebasan Pesawat Udara Dengan Menggunakan Matlab/Simulink

Penulis

  • Aulia Widya Prameswari Universitas Nurtanio
  • Arief Suryadi Satyawan Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Seszy Yuniorrita Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.214

Kata Kunci:

MATLAB/Simulink, 6 Derajat Kebebasan, FlightGear, Defleksi Control Surface

Abstrak

Enam derajat kebebasan pesawat dapat digambarkan dengan membuat simulasi menggunakan software MATLAB/Simulink 2021a yang dihubungkan dengan software FlightGear 2020.3 untuk animasi pesawatnya. Model pesawat merupakan pesawat sipil twin engine yang mirip dengan Boeing 757-200 yang dibuat oleh Group for Aeronautical Riset dan Teknologi (GARTEUR) di Eropa yang berbentuk longitudinal merupakan non-linear sedangkan untuk lateral-direksional merupakan linear. Penelitian ini dibatasi pada penyusunan model gerak pesawat, masukkan control surface yang dilakukan yaitu pada defleksi aileron, elevator, dan rudder. Respon gerak digambarkan dengan menggunakan input doublet pada masing-masing control surface secara terpisah. Dimana input dimasukkan setelah pesawat dalam kondisi steady level flight dengan kecepatan tertentu. Hasil simulasi menunjukkan pesawat memerlukan defleksi elevator yang lebih positif untuk dapat setimbang pada kecepatan lebih tinggi. Dengan input defleksi elevator (longitudinal) hanya berpengaruh terhadap variabel u (kecepatan translasi benda pada sumbu x), w (kecepatan translasi pada sumbu z), q (kecepatan rotasi pada sumbu y / pitch rate), dan theta (posisi sudut euler / pitch angle), sedangkan lainnya bernilai 0 dan stabil. Untuk input defleksi aileron dan rudder (lateral direksional) mempengaruhi seluruh respon yaitu variable v (kecepatan translasi benda pada sumbu y), p (kecepatan rotasi pesawat / roll rate), r (kecepatan rotasi pada sumbu z / yaw rate), phi (posisi sudut euler / roll angle), dan psi (posisi sudut euler / heading angle), dan juga variable yang mempengaruhi longitudinal. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pesawat ini menunjukkan dinamik yang stabil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Bahri, “Development Of Flight Control Laws For The Basic Electronic Flight Control System Of The Lsa-02 Technology Demonstrator Aircraft,” Inst. Teknol. Bandung, 2018.

J. Roskam, “09_Dynamics and Control.pdf.”

H. Muhammad and Y. Jenie, Dinamika Terbang. Bandung, 2011.

E. Purwanto, “Pemodelan dan Simulasi Siistem Kendali Propotional Integral Derivative untuk Kestabilan Dinamika Terbang Unmanned Aerial Vehicle.,” 2013.

“Control Surface Pada Pesawat Terbang – Aeroengineering.co.id.” https://www.aeroengineering.co.id/2016/01/control-surface-pada-pesawat-terbang/ (accessed Oct. 10, 2022).

R. Nelson, “Flight Stability and Automatic Control.,” Univ. Notre Dame, 1998.

“(PDF) Analisa Kondisi TRIM pada Pemodelan LSU-01 ( LAPAN Surveillance UAV-01) untuk Uji Terbang”. https://www.researchgate.net/publication/335542316_Analisa_Kondisi_TRIM_pada_Pemodelan_LSU-01_LAPAN_Surveillance_UAV-01_untuk_Uji_Terbang (accessed Oct. 11, 2022).

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Prameswari, A. W., Satyawan, A. S., & Yuniorrita, S. (2022). Pemodelan Dan Simulasi 6 Derajat Kebebasan Pesawat Udara Dengan Menggunakan Matlab/Simulink. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 4, 376–387. https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.214

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>