Analisa Pemindahan Beban Pada Paku Keling Dengan Menggunakan Metode Boeing

Penulis

  • Rudy Nursofjan Akademi Angkatan Udara

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.194

Kata Kunci:

paku keling

Abstrak

Dewasa ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menyambung atau menggabungkan dua material, dimana salah satu metoda untuk penyambungan ini dapat menggunakan paku keling.   Penyambungan dengan menggunakan paku keling sering dijumpai pada struktur jembatan, kapal laut dan paling banyak digunakan adalah pada struktur pesawat terbang.  Sebagai penyambung, paku keling berfungsi untuk memindahkan beban dari suatu bagian struktur ke bagian struktur lain.   Jika jumlah baris paku keling yang digunakan cukup banyak, asumsi distribusi beban pada paku keling biasanya dianggap sama (seragam), walaupun hal ini tidak dapat dibenarkan.   Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan untuk menentukan seberapa besar beban yang di terima oleh setiap paku keling dan menentukan baris paku keling yang paling kritis.   Beban yang dipindahkan melalui paku keling tergantung pada kekakuan paku keling.   Semakin besar harga kekakuan paku keling, beban yang dapat dipindahkan melalui paku keling akan semakin besar.   Harga kekakuan paku keling berbanding terbalik dengan harga fleksibilitas paku keling, besar fleksibilitas yang digunakan dihitung menggunakan persamaan Boeing.   Perhitungan yang dilakukan menggunakan metode elemen hingga yang disertai dengan beberapa contoh konfigurasi sambungan pada pelat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Niu, Michael Chun-Yung, Airframe Structural Design, Lockheed Aeronautical System Company, Burbank, California, USA, Conmilit Press Ltd, 1993.

Kroes, Michael J. et. Al., Aircraft Maintenance & Repair. 6th edition, McGraw Hill Book Co., Singapore, 1993..

Hutapea, Boyke, Distribusi Gaya-Gaya Sambungan Paku Keling Pada Pelat Yang mengalami Beban Aksial Dengan Metoda Finite Eleman, Tugas Akhir S-1, Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, 1991 .

Gunawan, Fergyanto Efendy, Analisis Sambungan Paku Keling, Rekat, Dan Penambalan Retak Secara Analitik, Numerik Dan Eksperimental, Tesis Magister, Teknik Mesin, Fakultas Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung, 1998.

Dahlan, Rusdi, Desain Perbaikan Struktur Berdasarkan Analisis Statik Melalui Pemodelan Analitik Perhitungan Numerik dan Verivikasi Pengujian, Tesis Magister, Program Studi Teknik Sistem Mekanika, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung, 2000.

Modul Praktikum Teknik Uji Struktur, Jurusan Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung.

Suprayogi, Distribusi Beban Pada Paku Keling Dengan Menggunakan Metoda Helmo Huth, Rugas Akhir S-1, Jurusan Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, 2001.

T Rudic, Zoran, Una Computer Program For Static And Dynamic Structural Analysis By Finite Element Method, User & Verification Manual, Bandung, 1995

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Nursofjan, R. (2022). Analisa Pemindahan Beban Pada Paku Keling Dengan Menggunakan Metode Boeing. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 4, 176–190. https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.194