Peran Pendidikan Keperawatan Menghadapi Era Society 5.0

Penulis

  • Agnes Mahayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
  • Ismoyo Ismoyo Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.153

Kata Kunci:

Pendidikan Keperawatan, Society 5.0, Revolusi Industri 4.0

Abstrak

Kemajuan dunia pendidikan berjalan seiring dengan perkembangan era society 5.0. Tujuan dari penulisan ini adalah menggambarkan peran pendidikan keperawatan dalam mengadaptasikan tuntutan era society 5.0 sehingga dapat menjawab tantangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, konstruktif dan inovatif pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan menggunakan berbagai referensi yang berasal dari hasil penelitian ataupun pemikiran penulis lainnya. Saat ini masyarakat Indonesia baru saja dihadapkan pada isu revolusi industry 4.0 namun sekarang sudah harus beradaptasi kembali dengan isu society 5.0 yaitu masyarakat dan segala tatanan social yang terintegrasi dengan dunia maya. Kebijakan manajemen pendidikan diperlukan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan komputasi pendidikan era revolusi industry 4.0. Solusi yang bisa dilakukan antara lain, kesesuaian kurikulum dan model proses pembelajaran yang diberikan sebagai bekal pendidikan karakter dan layanan yang optimal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis konstruktif inovatif dan humanis dan kesiapan sarana dan prasarana dalam pembelajaran berbasis digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Indar Sabri, “Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0,” in Seminar Nasional Pascasarjana 2019, vol. 2 (Semarang: Pusat Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang, 2019), 343, https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/302.

Haryatmoko, 2020. Jalan Baru Kepemimpinan dan Pendidikan: Jawaban Atas Tantangan Disrupsi-Inovatif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Setiawan, D, & Lenawati, A. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Higher Education's Strategy In Society 5.0, Vol(3), 1–7. Journal of Computer, Information System, & Technology Management.ISSN 2615-7357

M. Okamoto, “Standardization activities on ‘Society 5.0’ in Japan," Society 5.0 Standardization Promotion Committee,” no. March, pp. 0–18, 2019

Kasali, R. (2018). Self Disruption. Bandung: Mizan.

Rini T.P.Li, (2014) Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Vol 5, No 1 https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/452

Darmawan Deden. 2013. Pengantar Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Usmaedi (2021). Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Vol 4(2), 1–7. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi .ISSN 2621-4997. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Johansen , Bob, 2017: The New Leadershift Literaticies: Thriving in a Future of Extreme Disruption amd Distributed Everything, Oakland, CA: Berrerr: Koehler

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.
Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061. [11]AT Kearney, future of Learning: Reshaping Indonesia’s Education Discussion paper, Power Point,

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Mahayanti, A., & Ismoyo, I. (2021). Peran Pendidikan Keperawatan Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 303–310. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.153

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama