Peran Pendidikan Keperawatan Menghadapi Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.153Kata Kunci:
Pendidikan Keperawatan, Society 5.0, Revolusi Industri 4.0Abstrak
Kemajuan dunia pendidikan berjalan seiring dengan perkembangan era society 5.0. Tujuan dari penulisan ini adalah menggambarkan peran pendidikan keperawatan dalam mengadaptasikan tuntutan era society 5.0 sehingga dapat menjawab tantangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, konstruktif dan inovatif pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan menggunakan berbagai referensi yang berasal dari hasil penelitian ataupun pemikiran penulis lainnya. Saat ini masyarakat Indonesia baru saja dihadapkan pada isu revolusi industry 4.0 namun sekarang sudah harus beradaptasi kembali dengan isu society 5.0 yaitu masyarakat dan segala tatanan social yang terintegrasi dengan dunia maya. Kebijakan manajemen pendidikan diperlukan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan komputasi pendidikan era revolusi industry 4.0. Solusi yang bisa dilakukan antara lain, kesesuaian kurikulum dan model proses pembelajaran yang diberikan sebagai bekal pendidikan karakter dan layanan yang optimal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis konstruktif inovatif dan humanis dan kesiapan sarana dan prasarana dalam pembelajaran berbasis digital.
Unduhan
Referensi
Haryatmoko, 2020. Jalan Baru Kepemimpinan dan Pendidikan: Jawaban Atas Tantangan Disrupsi-Inovatif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Setiawan, D, & Lenawati, A. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Higher Education's Strategy In Society 5.0, Vol(3), 1–7. Journal of Computer, Information System, & Technology Management.ISSN 2615-7357
M. Okamoto, “Standardization activities on ‘Society 5.0’ in Japan," Society 5.0 Standardization Promotion Committee,” no. March, pp. 0–18, 2019
Kasali, R. (2018). Self Disruption. Bandung: Mizan.
Rini T.P.Li, (2014) Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Vol 5, No 1 https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/452
Darmawan Deden. 2013. Pengantar Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Usmaedi (2021). Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Vol 4(2), 1–7. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi .ISSN 2621-4997. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Johansen , Bob, 2017: The New Leadershift Literaticies: Thriving in a Future of Extreme Disruption amd Distributed Everything, Oakland, CA: Berrerr: Koehler
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.
Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061. [11]AT Kearney, future of Learning: Reshaping Indonesia’s Education Discussion paper, Power Point,