Research Civil Aircraft Model (RCAM) Dengan Metode Dinamis 6 Derajat Kebebasan Menggunakan MATLAB

Penulis

  • Aulia Widya Prameswari Universitas Nurtanio, Bandung, Indonesia
  • Arief Suryadi Satyawan Badan Riset dan Inovasi Nasional, Universitas Jambi
  • Denden Mohamad Ariffin Prodi Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.152

Kata Kunci:

MATLAB, 6 Derajat Kebebasan, Simulink, Animasi 3D, Defleksi Surface

Abstrak

Model Pesawat merupakan suatu usaha untuk menciptakan atau membuat simulasi pesawat yang sebenarnya dan model ini bisa disebut Research Civil Aircraft Model (RCAM), yaitu model pesawat sipil bermesin ganda yang dikembangkan oleh Group for Aeronautical Riset dan Teknologi di Eropa (GARTEUR). Model pesawat ini mirip dengan Boeing 757-200. Research Civil Aircraft Model yang dibuat menggunakan 6 derajat kebebasan. 6 derajat kebebasan terdiri dari 3 translasi yaitu 3 derajat untuk koordinat kartesian pada sumbu (x,y,z) dan 3 rotasi yaitu 3 derajat (pitch, roll, dan yaw) yang digunakan untuk mengontrol defleksi surface dan posisi throttle. Untuk membuat model, diperlukan parameter, yaitu parameter dari massa pesawat dan parameter dari chord aero dan juga CoG (Center of Gravity) dari suatu pesawat. Algoritma yang dimasukkan berasal dari control limits/Saturasi, Variabel Intermediate, Koefisien Force, Koefisien Momen, Efek Propulsi,  Efek Gravitasi hingga akhirnya disimulasikan menggunakan “Simulink” pada MATLAB. Agar yang dihasilkan tidak hanya grafik maka diperlukannya animasi untuk melihat sikap pesawat sehingga digunakanlah 3D Animation pada MATLAB. Hasil dari permodelan pesawat sipil ini untuk melihat simulasi stabilitas dari aileron, rudder, elevator, dan throttle saat pesawat itu terbang. Hasil yang ada dapat berubah-ubah karena pada 3D Animation, pesawat dapat dikendalikan dari sikap pesawat saat miring kanan atau kiri dan juga saat pesawat berguling. Dengan adanya hal ini diharapkan simulasi tersebut bisa effective untuk melihat hasil yang sebenarnya saat pesawat terbang dan juga bisa dijadikan untuk simulator sebelum pesawat tersebut lepas landas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Moormann, A. Varga, G Looye, and Grubel. Robustness Analysis Applied to Autopilot Design Part 3: Physical Modeling of aircraft for automated LFT generation applied to the Research Civil Aircraft Model, 1998

P. Lembrechts, S. Bennani, G. Looye, and A. Helmersson. GARTEUR Open : Robust Flight Control Design Challenge Manual, GARTEUR, 1997

Cristopher Lum. A nonlinear, 6 DOF Dynamis Model on Aircraft, 2020

Mochamad Safarudin, Pengenalan Matlab dan Simulink, 2017

Resi Arumin Sani, Erna Apriliani, dan Mohammad Isa Irawan. Estimasi Variabel Keadaan Gerak Longitudinal Pesawat Terbang Menggunakan Metode Fuzzy Kalman Filter,2016

Simulink 3D Animation, https://www.mathworks.com/products/3d-animation.html

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Prameswari, A. W., Satyawan, A. S., & Ariffin, D. M. (2021). Research Civil Aircraft Model (RCAM) Dengan Metode Dinamis 6 Derajat Kebebasan Menggunakan MATLAB. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 11–22. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.152