Analisa Hubungan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri Taruna Akademi Angkatan Udara Dalam Menghadapi Era Society 5.0

Penulis

  • Muhammad Hero Javaniz Adjisakti Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
  • Gagat Riano Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Aan Dedy Christiawan Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Ismoyo Ismoyo Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Limawati Handayani Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.125

Kata Kunci:

Kecerdasan Emosi, Penyesuaian Diri, Metode Kuantitatif, Metode Korelatif, Society 5.0, Departemen Teknik Manajemen Industri AAU

Abstrak

Pada era Society 5.0 ini, manusia dihadapkan pada berbagai tantangan dan permasalahan
sosial yang memanfaatkan berbagai inovasi teknologi yang lahir di era Revolusi industri 4.0. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu, Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai salah satu lembaga pendidikan kedinasan yang menyiapkan sumber daya manusia di dunia militer, memiliki misi penting untuk meningkatkan kualitas didikannya sehingga siap dalam menghadapi era Society 5.0. Sebagai langkah awal pendidikan di AAU yang akan ditempuh selama empat tahun, Taruna dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan militer, yang jelas jauh berbeda dengan dunia mereka sebelumnya. Salah satu faktor penting dalam penyesuaian diri adalah kecerdasan emosional. Dengan demikian sangat diperlukan adanya penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri Taruna dalam mengikuti pendidikan di AAU sebagai bagian dari kesiapan peran AAU untuk menyiapkan SDM TNI AU di era society 5.0. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelatif untuk melihat hubungan antara satu atau beberapa variabel dengan variabel-variabel yang lain. Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa kecerdasan emosi berkorelasi kuat terhadap penyesuaian diri Taruna AAU (R=0,647 dan R2= 0,418). ME untuk kedua variabel termasuk pada kategori tinggi, dengan nilai ME kecerdasan emosi di nilai 103,6974 dan penyesuaian diri 24,651. Dengan demikian, maka keseriusan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan perlu mendapat perhatian lebih sebagai modal dalam membentuk Perwira TNI AU yang siap dalam menghadapi Society 5.0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Direktorat Sekolah Dasar, "Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0," 3 februari 2021,
2021.

A. Sebastian S, A. S. Junior, A. Josefanny S, N. E. Kezia and S. Hendra, "Peran Pendidikan dalam
Perkembangan Era Society 5.0," Jakarta, 2021.

Akademi Angkatan Udara, Program Taruna Gemilang, 1 ed., Yogyakarta, 2021.

R. Baker and B. Siryk, "Exploratory intervention with a scale measuring adjustment to collage,"
Journal of Counseling Psychology, vol. 33, no. 1, pp. 31-38, 1986.

Goleman, Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ, New York: Bantam Books,
1995.

Schutte, Marlouff, Hall, Cooper, Golden and Dorheim, "Development And Validation Of a
Measure of Emotional Intelligence," Personality and Individual Differences, vol. 25, pp. 167-
177, 1998.

P. Salovey and J. D. Mayer, "Emotional intelligence, Imagination, Cognition, and Personality," vol. 9, no. 3, pp. 185-211, 1990.

E. Fatimah, "Psikologi Perkembangan," Bandung, Pusaka Setia , 2006.

P. Patton, "EQ (Kecerdasan Emosional) di Tempat Kerja," Jakarta, Delapratasa, 1998.

D. Goleman, "Working With Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak
Prestasi," Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Kosasih, Nandang and D. Sumarna, Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan,
Bandung: Alfabeta, 2014.

N. Schutte and J. M. Malouff, "Increasing Emotional Intelligence Through Training : Current Status and Future Direction," The International Journal Of Emotional Education, vol. 5, no. 1, pp.
56-72, 2013.

M. Thoha and R. Taufikurrahman, Aktualisasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Dalam
Manajemen Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi, Pamekasan: Duta Media Publishing,
2016.

E. R. Hilgard and R. C. Atkinson, Introduction to Psychology, New York: Brace and World Inc,
1967.

Sunaryo, Psikologi Untuk Keperawatan, Jakarta: EGC, 2004.

R. Widianingsih and N. Widyarini, "Dukungan Orang Tua dan Penyesuaian Diri pada Remaja
Mantan Pengguna Narkoba," Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma, vol. 3, no. (1), 2009.

J. Anderson, Y. Guan and Y. Koc, "The Academic Adjustment Scale : Measuring The Adjustmen
of Permanent Resident or Sojourner Students," Journal of Intercultural Relations, 2016.

H. Gerdes and B. Mallinckrodt, "Emotional, Social and Academic Adjustment of College Students: A Longitudinal Study of Retention," Journal of Counseling and Development, vol. 72, pp. 281-
288.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Mutammimah, "Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Remaja," Jurnal Psikologi Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 42-51, 2014.

N. Balluerka, A. Gorostiaga, I. A. Arbiol and A. Aritzeta, "Peer Attachment and Class Emotional
Intelligence as Predictors of Adolescents : Psychological Wll-Being: A Multilevel Approach,"
Journal of Adolescence, vol. 53, pp. 1-9, 2016.

E. B. Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, 5 ed., Jakarta: PT Erlangga, 2004.

E. N. Syabanawati, "Gambaran Collage Adjustment Mahasiswa Angkatan 2011 Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran," Jurnal Psikologi Unpad, 2014.

M. Choirudin, "Penyesuaian Diri Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa," Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, vol. 12, no. 1, 2015.

Sunarto and Agung H, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Adjisakti, M. H. J., Riano, G., Christiawan, A. D., Ismoyo, I., & Handayani, L. (2021). Analisa Hubungan Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri Taruna Akademi Angkatan Udara Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 345–356. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.125