Analisis Pengaruh Penambahan Flap pada Sayap UAV CH-4 Terhadap Karakteristik Aerodinamika Menggunakan Ansys Fluent

Authors

  • Iffat Septian Dwiairindra Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Herman Herman Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara
  • Sya’ban Tri H Teknik Aeronautika Pertahanan, Akademi Angkatan Udara

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.236

Keywords:

Flap, UAV-CH4 Rainbow, ANSYS, Computational Fluid Dynamics, Lift, Drag, Koefisien Lift, Koefisien Drag

Abstract

Pesawat UAV-CH4 merupakan pesawat terbang tanpa awak milik TNI AU yang saat ini sedang aktif dioperasikan. Drone ini menerapkan prinsip terbang di ketinggian dengan memanfaatkan dimensi serta rentang sayapnya yang panjang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan flap terhadap karakteristik aerodinamika dari sayap pesawat UAV-CH4. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan menggunakan software solidworks dan Ansys-Fluent . Model sayap pesawat yang akan dianalisa yaitu model sayap pesawat UAV-CH4 berupa airfoil LRN 1015. Pemodelan sayap dilaksanakan menggunakan aplikasi Solidworks dan kemudian menggunakan software Ansysy Fluent untuk menganalisis karakter aerodinamikanya. Karakteristik aerodinamika pada sayap UAV-CH4 yang dianalisis berupa lift, drag, koefisien lift dan koefisien drag dengan variasi tambahan flap. Hasil ini menunjukkan penggunaan flap menyebabkan penurunan lift dan drag pada sayap yang menggunakan flap. Pada kecepatan 170 km/jam dan sudut serang sebesar 100 menghasilkan lift dan drag sebesar 12573,7 N dan 1958,7 N sedangkan pada sayap tanpa flap menghasilkan lift dan drag sebesar 9294,3 N dan 1960,1 N

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Maulana Ghofar, 14525033. (2018). Pemilihan Sudut Pasang Airfoil Naca 2412 pada Tail UAV Male Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamic Untuk Memperoleh Gaya Angkat Optimal. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7281

Hartanto,Tri. (2015). ANALISA AERODINAMIKA FLAP DAN SLAT PADA AIRFOIL NACA 2410 TERHADAP KOEFISIEN LIFT DAN KOEFISIEN DRAG DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. 15.

Hidayat, M. F. (2016). ANALISA AERODINAMIKA AIRFOIL NACA 0021 DENGAN ANSYS FLUENT. JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.52447/jktm.v1i1.332

Jatisukamto, G., & Sari, M. (2018). Analisis Airfoil Double-Slot Flap LS(01)-0417 MOD Dengan Airfoil Tanpa Flap Nasa SC(2) 0610. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 11(2), 49. https://doi.org/10.24843/JEM.2018.v11.i02.p03

Sari, M. (2018). OPTIMASI COEFFICIENT LIFT (Cl) SINGLE SLOTTED FLAP DAN DOUBLE SLOTTED FLAP PADA PESAWAT N219 MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. 79.

wiratama,caesar. (2016). Control Surface Pada Pesawat Terbang – Aeroengineering.co.id. https://www.aeroengineering.co.id/2016/01/control-surface-pada-pesawat-terbang/

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Dwiairindra, I. S., Herman, H., & Tri H, S. (2023). Analisis Pengaruh Penambahan Flap pada Sayap UAV CH-4 Terhadap Karakteristik Aerodinamika Menggunakan Ansys Fluent. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 5, 1–8. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.236