Kendali Kemudi Tambahan Untuk Mobilitas Kursi Roda Berbasis Arduino Mega 2560

  • Febriyono Aji Prasetiyo Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Djoko Untoro Suwarno Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Arduino Mega 2560, mikrokontroller, handle kecepatan, sensor jarak

Abstract

Perkembangan alat pembantu manusia di bidang medis kini tengah berkembang. Mempermudah kegiatan manusia dan peralatan kontrol sebagai penunjang dalam peningkatan kebutuhan semakin besar. Pengontrolan peralatan pembantu untuk penyandang cacat telah menghasilkan metode yang sangat maju seiring dengan perkembangan teknologi alat bantu ini. Dengan kemajuan teknologi tersebut pada era sekarang ini alat bantu untuk penyandang kebutuhan khusus bukan hanya dibuat untuk alat bantu manual saja, melainkan dengan alat-alat kontrol yang di program melalui Arduino Mega 2560, seperti system control kursi roda menggunakan Arduino Mega 2560. Pada perancangan pengantar robotika ini juga digunakan untuk mengontrol kursi roda untuk kalangan penyandang kebutuhan khusus menggunakan Arduino Mega 2560. System control kursi roda yang sudah dirancang dan dimasukkan ke dalam pemrograman Arduino Mega 2560 sebagai media untuk mengontrol kursi roda tersebut agar pengguna kursi roda lebih flexible dalam bergerak (bernavigasi) karena kursi roda pada umumnya masih menggunakan cara yang manual untuk pengontrolannya, sehingga sangat sulit bagi penyandang kebutuhan khusus untuk menggerakkan atau mengontrol kursi roda. Menggunakan handle kecepatan untuk mengatur kecepatan roda dan juga menggunakan sensor jarak sebagai indicator jarak apabila sensor terhalang oleh objek benda. Dari percobaan ini telah dapat berjalan sesuai kecepatan yang telah diatur dengan handle kecepatan untuk mengatur kecepatan dari putaran motor dan juga dapat menjaga jarak agak pada saat kursi roda mundur tidak tertabrak dengan objek yang menghalanginya dibelakang. Kedepannya alat ini dapat berkembang lagi dari segi desain yang lebih ringkas dan juga lebih banyak fitur kedepan yang membuat pemakai lebih nyaman dan lebih aman ketika menggunakan kursi roda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Indonesia, ―Fajar Website Harga Indonesia, Baterai Aki , 2018. [Online]. Available: https://www.fajarindonesia.web.id/ini-spesifikasi-dan-harga-aki-baterai-kering-vrla-mf-20ah-12v-sepeda-listrik-upsgenset-gs-yuasa-di-indonesia/. [Accessed 7 Desember 2018].

―Arduino Store, Arduino, [Online]. Available: https://store.arduino.cc/usa/arduino-mega-2560. [Accessed 20 Oktober 2018].

Bogie Power, "Bogie Power," Handle Gas Indicator Baterai. [Online]. Available: https://www.bogipower.com/2015/05/handle-gas-with-indicator-baterai-5.html.[Accessed 10 Desember 2019].

UpsBattery, ―UPSBatteryCenter, Battery, [Online]. Available: https://www.upsbatterycenter.com/shimastu-np20-12-12v-20ah-battery. [Accessed 21 Maret 2019].

E.T.Kit,―EbikeThaiKit, [Online]. Available: https://www.ebikethaikit.com/uploads/443/files/MY1016Z250W.pdf. [Accessed 20 Februari 2019].

L. Elektronika, ―Lab Elektronika, driver mtor, 26 September 2016. [Online]. Available: http://www.labelektronika.com/2016/09/high-current-motor-driver-Ibt-2-arduino.html. [Accessed 21 Maret 2019].

G. H. Andy, ―PERANCANGAN KURSI RODA UNTUK JALAN DATAR DAN MENANJAK DENGAN SUDUT KEMIRINGAN 90 DERAJAT,‖ TUGAS AKHIR, vol. 1, p. 35, 2009.
Published
2020-11-17
How to Cite
Prasetiyo, F., & Suwarno, D. (2020). Kendali Kemudi Tambahan Untuk Mobilitas Kursi Roda Berbasis Arduino Mega 2560. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 2, 285-292. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.