Lengan Robot Penampil Waktu Pada Media Pasir

  • Tri Aryani Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Djoko Untoro Suwarno Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: kinematika, lengan robot, pantograph, teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, terutama dunia robotika mengalami perkembangan dalam berbagai bidang. Perkembangan teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang aktivitas manusia untuk mempermudah dalam melakukan pekerjaan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Robot bukan hanya sebuah mainan yang canggih, namun robot adalah sebuah penerapan dari ilmu pengetahuan. Lengan robot memiliki peran penting untuk mengurangi kecelakaan kerja bagi manusia yang bekerja pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia berbahaya dan pengangkatan benda-benda berat, meminimalisasi human error, serta untuk meng-otomasi bidang pekerjaan yang masih dilakukan secara manual agar proses produksi menjadi lebih efisien. Lengan robot dapat melakukan beberapa tugas seperti memilih, memindah, mengangkat dan menempatkan suatu objek, gerakannya diadaptasi dari mengamati beberapa tugas-tugas manual yang sama dilakukan oleh lengan manusia. Lengan manusia pada dunia robotika disebut robot manipulator. Robot manipulator mempunyai dua gerakan pada pergerakan link, yaitu revolute joint (sendi putar) dan prismatic joint (sendi geser). Struktur lengan manipulator membentuk sebuah gerakan pantoraf dengan menggunakan perhitungan invers kinematika. Lengan digerakkan oleh motor servo yang dikendalikan oleh Atmega8. Pengujian ini dilakukan untuk menampilkan waktu dengan sudut yang dibutuhkan. Adapun kesalahan yang terjadi disebabkan pembulatan pada perhitungan sudut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Setiawan, F. and B. Rahmadya, "PENERAPAN INVERS KINEMATIKA UNTUK PERGERAKAN KAKI ROBOT," Seminar Nasional Sains dan Teknologi, p. 2, 2015.

"Chip Hall of Fame: Atmel ATmega8," IEEE SPECTRUM, 2017.

"Interface DS1307 RTC Module," Last Minute Engineers, 2019.

"Motor Servo Basics," Components 101, 2019.

"Motor Servo," Electrocircuit, 2018.

E. W. Weisstein, "Pantograph," 6 Februari 2019. [Online]. Available: http://mathworld.wolfram.com/Pantograph.html. [Accessed 1 Agustus 2019].
Published
2020-11-17
How to Cite
Aryani, T., & Suwarno, D. (2020). Lengan Robot Penampil Waktu Pada Media Pasir. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 2, 277-284. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/113

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.