Perancangan Adaptive Solar Cell Dengan Sistem Solar Tracker Untuk Mendapatkan Intensitas Sinar Matahari Yang Optimal

  • Edi Supartono Dosen Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akademi Angkatan Udara
  • Franklyn Leonardo Wanma Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akademi Angkatan Udara
Keywords: energi, energi fosil, intensitas sinar matahri, solar cell, solar tracker

Abstract

Permasalahan dalam bidang energi listrik yang ada saat ini adalah keterbatasan sumber energi fosil yang masih menjadi sumber energi utama penghasil energi listrik di Indonesia. Untuk itu, maka dibutuhkan sumber energi lain yang dapat menggantikan fungsi energi fosil sebagai penghasil energi listrik di Indonesia. S Done olar cell merupakan perangkat yang mampu mengkonversi radiasi sinar matahari menjadi energi listrik. Namun, energi listrik hasil keluaran solar cell masih tidak stabil dan belum optimal. Sistem mekanik yang diciptakan dalam perancangan adaptive solar cell dengan sistem solar tracker untuk mendapatkan intensitas sinar matahari yang optimal dapat berfungsi dengan baik. Dalam pengujian alat dihasilkan nilai optimal sebesar 13,39 volt dan arus 1,31 mA pada jam 12.00 WIB. Sedangkan nilai paling minimal sebesar 11,56 volt dan 0,08 mA pada jam 07.00 WIB karena matahari baru saja terbit.

Author Biography

Franklyn Leonardo Wanma, Taruna Prodi Teknik Elektronika Pertahanan Akademi Angkatan Udara

 

    

 

References

Andrianto, Heri., dan Darmawan, Aan. 2016. Arduino: Belajar cepat dan pemrograman. Bandung: Informatika.

Dzung Nguyen and Brad Lehman. 2008. An adaptive solar photovoltaic array using model-based reconfiguration algorithm. Applied Linguistics vol 55 pp 2644-2654.

Kadir, A. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan Arduino. Yogyakarta : Andi.

Santoso, Hari. 2015. Panduan praktis: Arduino untuk pemula. Trenggalek: Elang Sakti.

Shrivastava, Swetansh Mani. 2013. Dual axis solar tracker. (Unpublished doctoral thesis). Raj Kumar Goel Institute of Technology, Uttar Pradesh, India.

Rusman. 2015. Pengaruh variasi beban terhadap efisiensi solar cell dengan kapasitas 50 wp. Applied Linguistics vol 4 pp 84-90.

Ajie, Sapta. 2015. 5 menit menangani motor servo dengan arduino.
Published
2021-03-09
How to Cite
Supartono, E., & Wanma, F. (2021). Perancangan Adaptive Solar Cell Dengan Sistem Solar Tracker Untuk Mendapatkan Intensitas Sinar Matahari Yang Optimal. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 7(1), 57-64. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/69
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.