Kajian Kekuatan Bahan Tabung Motor Roket FFAR Kaliber 2.75 inch Dengan Metode Finite Element Analysis

  • Tata Santosa Kasubdit Aerosistem, Departemen Aeronautika, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta
  • Jajang Nurnasihin Taruna Prodi Elektronika Pertahanan Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Roket FFAR (Folding Fin Aircraft Rocket) kaliber 2.75 in (70 mm) merupakan salah satu jenis roket yang dimiliki oleh TNI AU dan ditembakkan dari pesawat tempur dalam latihan maupun operasi untuk menghancurkan sasaran darat.  Saat ini pengadaan roket dipenuhi oleh PT DI yang dalam pembuatannya baru tahap assembling komponen roket yang masih didatangkan dari luar negeri seperti Belgia dan Korea. Penelitian roket terus dilakukan oleh TNI AU (Disltibangau) bekerja sama dengan industri negeri. Salah satu komponen roket adalah tabung motor roket, dimana bahannya terbuat dari aluminium alloy. Bahan ini susah diperoleh dan dibuat di dalam negeri, sehingga perlu dilakukan kajian penggunaan bahan tabung motor roket alternatif.  Dalam kajian ini dilakukan studi jenis dan kekuatan bahan yang digunakan dalam motor roket buatan luar negeri yang digunakan oleh TNI AU saat ini, kemudian dilakukan simulasi kekuatan dengan metode finite element analysis terhadap beberapa bahan yang berbeda. Hasil analisis diperoleh beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti yaitu salah satunya adalah komposit E-Glass/Epoxy.

Published
2020-12-22
How to Cite
Santosa, T., & Nurnasihin, J. (2020). Kajian Kekuatan Bahan Tabung Motor Roket FFAR Kaliber 2.75 inch Dengan Metode Finite Element Analysis. Akademi Angkatan Udara Journal of Defense Science and Technology : AAU-JDST, 4(1), 37-46. Retrieved from https://aau.e-journal.id/jdst/article/view/23
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.