EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI GERAK PELURU DI AAU
DOI:
https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.191Kata Kunci:
materi gerak peluruAbstrak
Dalam proses pembelajaran fisika berbagai metode telah dilakukan seperti ceramah dan diskusi, maupun tanya jawab namun hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada kenyataannya masih ada Taruna yang merasa kesulitan belajar fisika karena terlalu banyak rumus. Ditambah lagi kurangnya minat dari Taruna untuk belajar fisika sehingga pemahaman tentang materi fisika semakin berkurang. Dalam mengatasi masalah ini penulis akan mencoba menggunakan metode pembelajaran berbasis laboratorium. Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai Badan Pelaksana Pusat pada tingkat Mabesau berkedudukan langsung di bawah Kasau, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pertama Perwira Sukarela TNI AU dengan tingkat akademik yang bercirikan prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kemampuan akademis potensial dasar matra udara, serta berkesamaptaan jasmani untuk menunjang tugas dalam pengabdiannya selaku kekuatan pertahanan. Dari tugas pokok yang diemban AAU, sudah seharusnya para Tarunanya (Karbol) mendapatkan model pembelajaran yang baik, salah satunya pembelajaran berbasis laboratorium. Inilah salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika terutama pada materi gerak peluru agar lebih menarik dan menyenangkan. Dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan diperoleh minat dan pemahaman yang lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan laboratorium dalam bentuk demontrasi dan eksperimen terhadap minat dan pemahaman materi gerak peluru.
Unduhan
Referensi
Azhar, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Frederick, J.B. (Terjemahan). 2006. Fisika Seri Buku Schaum, Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Douglas, C.G. 2001. Fisika Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.