IMPLEMENTASI GAME THEORY PADA PEMILIHAN METODE PEMBELAJARAN YANG TEPAT BAGI TARUNA AAU

Penulis

  • Agus Pudjianto Akademi Angkatan Udara

DOI:

https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.180

Kata Kunci:

teori permainan, model optimasi, strategi pembelajaran

Abstrak

Akademi Angkatan Udara merupakan salah satu lembaga pendidikan tertinggi di TNI AU yang bertugas mencetak perwira TNI AU yang memiliki kepribadian yang baik, kemampuan Akademis yang mumpuni, ditunjang memiliki kemampuan jasmani yang prima sesuai dengan slogan “Tri Sakti Viaratama”.

Dalam menunjang aktivitas pembelajaran dituntut adanya kerjasama  antara dosen dan taruna guna mencapai tujuan pembelajaran. Ada 3 jenis metode pembelajaran yang diterapkan yaitu: Konvensional, Diskusi dan demonstrasi. Dengan menggunakan teori permainan akan dilihat metode apa yang paling cocok untuk diterapkan di AAU.

Dari ketiga jenis persaingan dalam permainan diatas menghasilkan nilai permainan dan probabilitas strategi yang berbeda-beda dengan nilai permainan yang bervariasi pula.  Tetapi nilai permainan terbesar yaitu 3,68 terdapat pada persaingan ketiga yaitu antara Demonstrasi dan Konvensional. Hali menunjukan bahwa mayoritas responden kurang menyukai strategi pembelajaran Diskusi. Akan tetapi lebih menyukai strategi Demonstrasi dan Konvensional

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Juanda, B., & Suciati, L.P. (2011). Aplikasi teori permainan pada perancangan pola kerja sama yang adil dalam pengelolaan irigasi di tingkat petani. Jurnal Agro Ekonomi, Vol. 29 (2), 217 – 236.

Kurniawan, A. (2014). Penentuan Strategi Pemasaran Menggunakan Teori Permainan Fuzzy: Studi Kasus Pemakaian Kartu GSM di FMIPA USU. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Kusuma, E., Nastiti, A.D., Handayani, D., Puspitasari, R.A.H. (2021). The relationship between nurse caring behavior and anxiety levels among Covid-19 patients. Nurse and Holistic Care, Vol. 1(2).

Siagian, P. (1987). Penelitian Operasional: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sihombing, A.R. (2017). Implementasi Teori Permainan dalam Strategi Pemasaran Produk Laptop: Studi Kasus Mahasiswa S1 FMIPA USU. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Simamora, C.H., Rosmaini, E., Napitupulu, N. (2013). Penerapan teori permainan dalam strategi pemasaran produk ban sepeda motor di FMIPA USU. Saintia Matematika, Vol. 1(2), pp. 129–137.

Sulistyari, I.N., & Yoestini. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame: studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang. Diponegoro Journal of Management, Vol. 1(1).

Tarigan, R. (2019). Penerapan Fuzzy Game Theory pada Persaingan Jasa Transportasi Online Go-Jek dan Grab. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tobing, T.P.L. (2018). Strategi Kompetisi Antar Gojek dan Grab dengan menggunakan Game Theory. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Pudjianto, A. (2022). IMPLEMENTASI GAME THEORY PADA PEMILIHAN METODE PEMBELAJARAN YANG TEPAT BAGI TARUNA AAU. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 4, 111–121. https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.180